Pertempuran Champagne Kedua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pertempuran Champagne II
Bagian dari Pertempuran di blok Barat Perang Dunia I
Tanggal 25 September - 6 November 1915
Lokasi Champagne, Perancis
Hasil Tertunda
Pihak terlibat
Bendera Perancis Perancis Bendera Kekaisaran Jerman Kekaisaran Jerman
Komandan
Bendera Perancis Joseph Joffre Tak dikenal
Kekuatan
Tak diketahui Tak diketahui
Korban
~145,000 ~72,500

Pertempuran Champagne Kedua adalah pertempuran antara pasukan Perancis dan pasukan Jerman di Champagne, Perancis. Pertempuran ini terjadi pada 25 September - 6 November 1915.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 25 September 1915 setelah tiga hari persiapan artileri Angkatan Darat Kedua dan Keempat yang dipimpin oleh Jenderal de Castelnau mencoba menghancurkan posisi Jerman dari Aubérive sampai Ville-sur-Gambut. Baris pertahanan pertama dapat dihancurkan hingga 3 km dari Aubérive sampai Mesnil-lès-Hurlus, Prancis kemudian berhadapan dengan baris pertahanan kedua Jerman, lereng dengan jaringan kawat berduri dan tidak bisa ditembus karena tersembunyi dan tak dapat dilihat. Dari Mesnil sampai Ville-sur-Gambut, pasukan Inggris hanya bergerak beberapa ratus meter.

Korps Angkatan Darat ke-2 Kolonial, sisi kanan Angkatan Darat Keempat yang dipimpin oleh Jenderal Langle de Carry, mempunyai tugas berat, bergerak dari Souain-Perthes-lès-Hurlus untuk menghancurkan posisi pertama Jerman sepanjang 5 km dan maju sampai lebih dari tiga kilometer. Korps Angkatan Darat ke-2 Kolonial kemudian menyerang posisi kedua musuh di utara Perkebunan Navarino, sedangkan Korps Angkatan Darat ke-6 (Divisi Infanteri ke-127, Divisi Infanteri ke-12, Divisi Infanteri ke-56) menuju Sommepy-Vouziers. Selama menjadi bagian penyerangan, Blaise Cendrars (terlahir dengan nama Frédéric-Louis Sauser)[1], anggota legiun, terluka parah di depan perkebunan Navarino. Ia kehilangan lengan, sebuah episode yang menjadi judul "Tangan Terputus" (fr: La Main coupée)cerita perang sekitar dua puluh tahun kemudian.

Pada tanggal 29 September serangan dihentikan, dan meninggalkan 138,576 orang di luar pertempuran, sebuah kegagalan.

Pada tanggal 6 Oktober pertempuran dimulai kembali selama 10 hari untuk memperbaiki keadaan, terutama di Tahure.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]