Pertempuran Ardennes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pertempuran Ardennes
Bagian dari Pertempuran Perbatasan
Tanggal21—23 Agustus 1914
LokasiHutan Ardennes
Hasil Kemenangan Jerman
Pihak terlibat
 Prancis  Kekaisaran Jerman
Tokoh dan pemimpin
Pierre Ruffey,
Fernand de Langle de Cary
Albrecht, Duke of Württemberg,
Putra Mahkota Wilhelm
Kekuatan
Bendera Prancis Angkatan Darat ke-3 Prancis (168.000)
Bendera Prancis Angkatan Darat ke-4 Prancis (193.000)
total: 361.000
Bendera Kekaisaran Jerman Angkatan Darat ke-4 Jerman (180.000)
Bendera Kekaisaran Jerman Angkatan Darat ke-5 Jerman (200.000)
Total: 380.000
Korban
? ?

Pertempuran Ardennes adalah salah satu pertempuran pembuka Perang Dunia I, berlangsung dari 21—23 Agustus 1914, bagian dari Pertempuran Perbatasan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Komandan Prancis Joseph Joffre memerintahkan serangan melalui hutan Ardennes untuk mendukung invasi dari Lorraine, Prancis. Menurut dokumen pra-perang strategi perang Prancis, Rencana XVII, pasukan Jerman berada di wilayah ini diharapkan menjadi ringan, dengan Prancis, tembakan cepat artileri membuktikan menguntungkan di daerah berhutan seperti yang ditemukan di Ardennes.

Namun pada 20 Agustus, menjadi jelas untuk Jenderal Charles Lanrezac Angkatan Darat Kelima Prancis, dan kemudian Joseph Joffre - bahwa kehadiran besar-besaran pasukan Jerman berkumpul di daerah tersebut. Pada hari yang sama Jerman melancarkan serangan balasan terhadap Prancis masuk ke Lorraine. Meskipun demikian, Joffre memerintahkan invasi Ardennes pada 20 Agustus untuk hari berikutnya.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Jenderal Peter Ruffey, Angkatan Darat Ketiga dan Jenderal Ferdinand Langle Cary, Angkatan Darat Keempat Prancis melawan Angkatan Darat Keempat dan Kelima Jerman dipimpin oleh Duke Albrecht, yang terakhir oleh Putra Mahkota Wilhelm. Kedua tentara Jerman bersama-sama membentuk Pusat Rencana Schlieffen agar Jerman maju ke Prancis.

Sementara itu, Angkatan Darat Kelima Prancis bergabung untuk Charleroi di balik berita dari Jerman membangun kekuatan di Belgia.

Jerman mulai maju melalui hutan pada 19 Agustus, posisi pertahanan gedung ketika mereka pergi. Putra Mahkota Wilhelm sedang berada Briey dengan Duke Albrecht menuju Neufchateau.

Tujuan dari pasukan Prancis itu jelas: untuk menyerang sisi tengah Jerman, ketika melintasi hutan Ardennes.

Dengan kabut tebal, kekuatan-kekuatan yang bertentangan secara harfiah terhuyung-huyung ke satu sama lain di hutan pada 21 Agustus. Pada tahap awal ini Prancis menganggap kehadiran pasukan Jerman berjumlah sedikit, pada kenyataannya orang Prancis sangat kalah jumlah. Hari pertama pertempuran, 21 Agustus, ditandai oleh pertempuran tersebar, sebagian pertempuran besar. Pertempuran meluas mulai hari berikutnya.

Posisi taktis lanjutan Jerman lebih dari sekali mengimbangi keberhasilan Prancis, Meskipun banyak korban di kedua belah pihak. Pasukan Prancis, berpakaian terang, sangat mencolok di hutan, tidak ada konsesi untuk kamuflase yang dipertimbangkan.

Prancis, bertindak dengan 'semangat menyerang', menekan posisi Jerman di hutan, hanya untuk dirobohkan oleh senapan mesin yang efisien, didukung oleh artileri berat.[1]

Akibat[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan Jerman yang bersedia untuk menetap dan menggali parit membuat pasukan Prancis mundur. Pada sore hari, 23 Agustus, Angkatan Darat Ketiga Prancis mundur ke Verdun dikejar oleh Angkatan Darat Kelima Jerman (di mana Ruffey dipukul mundur oleh Joffre) dan Angkatan Darat Keempat mundur dekat Sedan dan Stenay. Terakhir pengejaran Jerman pada 26-28 Agustus, sementara Jerman menghentikanya.

Sebagai konsekuensi, Jerman mampu merebut sumber-sumber besi yang signifikan dan mampu melanjutkan invasi ke Prancis.

Skala kekalahan Prancis dicatat sebagai kejelasan bagi Joffre setelah periode waktu berlalu. Bahkan kemudian ia cenderung untuk menyalahkan kinerja kekuatan yang buruk daripada menghubungkan dengan strategi dan keadaan. Namun, tidak mencegah dia dari perencanaan serangan lebih lanjut pada pertempuran masa depan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Battle of the Ardennes". Military History Wiki . Org. Diakses tanggal 2008-09-22.