Pertempuran Isonzo Ketujuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SPertempuran Isonzo VII
Bagian dari blok Italia Perang Dunia I
Tanggal 14-18 September 1916
Lokasi Gorizia, Italia
Hasil ?
Perubahan
wilayah
Sungai Isonzo, Slovenia
Pihak yang terlibat
Bendera Italia Italia  Austria-Hongaria
Komandan
Luigi Cadorna Franz Conrad von Hötzendorf, Svetozar Boroević
Kekuatan
240 batalyon, 1.150 artileri 150 batalyon, 770 artileri
Korban
17.000 15.000

Pertempuran Isonzo Ketujuh adalah pertempuran lanjutan antara pasukan Kerajaan Italia dan Austria-Hongaria di sepanjang Sungai Isonzo pada tanggal 14 - 17 September 1916 selama Perang Dunia I.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada pertempuran Isonzo ketujuh, Kepala Staf Italia Luigi Cadorna mengalihkan fokus serangan dari berbasis luas menjadi difokuskan pada sasaran tunggal. Pertempuran Isonzo ini melihat Italia mencoba untuk terus memperluas kemenangan mereka di jembatan Gorizia pada serangan di tenggara Gorizia (di daerah yang sekarang bagian dari kotamadya Miren-Kostanjevica) di dataran tinggi Kras.

Walaupun konsentrasi sumber daya lebih besar pada satu titik, dimaksudkan untuk mengurangi jumlah korban, keberhasilan Italia pada Pertempuran Isonzo Keenam agar tidak terulang, dan serangan itu dibatalkan setelah tiga hari jumlah korban bertambah, pada tanggal 17 September 1916.

Namun demikian Cadorna terus melakukan serangan sepanjang Isonzo berhasil membawa pergi sumber daya Austria-Hongaria, baik dalam hal tenaga kerja dan ketersediaan artileri. Karena setiap pertempuran berlangsung di Italia 'tampaknya semakin cenderung Austria-Hongaria mengalami kekalahan dan sedikit bantuan dari sekutu Jerman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Tucker, Spencer The Great War: 1914 - 1918 (1998)


Pranala luar[sunting | sunting sumber]