Pertempuran Galisia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pertempuran Lemberg)
Lompat ke: navigasi, cari
Pertempuran Galisia
Bagian dari Front Timur Perang Dunia I
EasternFront1914a.jpg
Eastern Front, September 1914.
Tanggal 23 Agustus – 11 September 1914
Lokasi Lemberg, Galisia (kini Ukraina)
Hasil Kemenangan Rusia
Pihak terlibat
 Kekaisaran Rusia  Austria-Hongaria
Tokoh dan pemimpin
Bendera Kekaisaran Rusia Nikolai Ivanov
Bendera Kekaisaran Rusia Baron Salza
Bendera Kekaisaran Rusia Alexei Evert
Bendera Kekaisaran Rusia Pavel Plehve
Bendera Kekaisaran Rusia Nikolai Ruzsky
Bendera Kekaisaran Rusia Aleksei Brusilov
Bendera Austria-Hongaria Adipati Agung Friedrich
Bendera Austria-Hongaria Conrad von Hötzendorf
Bendera Austria-Hongaria Viktor Dankl
Bendera Austria-Hongaria Moritz von Auffenberg
Bendera Austria-Hongaria Rudolf Brudermann
Bendera Austria-Hongaria Eduard von Böhm
Bendera Austria-Hongaria Herrmann von Kövess
Kekuatan
1.200.000 950.000
Korban
250.000[1] 400.000[1]

Pertempuran Galisia, juga dikenal dengan sebutan Pertempuran Lemberg, adalah pertempuran besar yang berlangsung antara Kekaisaran Rusia melawan Austria-Hongaria pada awal Perang Dunia I pada tahun 1914. Dalam pertempuran ini, pasukan Austria-Hongaria dikalahkan dan terusir dari Galisia, sementara Rusia merebut Lemberg dan menguasai Galicia Timur selama kurang lebih sembilan bulan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Saat perang dimulai, panglima tertinggi Austria-Hongaria Franz Conrad von Hötzendorf berencana melancarkan serangan ke Polandia Rusia dengan angkatan bersenjata utaranya (angkatan bersenjata pertama dan keempat). Karena pada akhirnya jumlah pasukan Rusia akan melebihi jumlah pasukan Blok Sentral di timur (terutama pasukan Austria-Hongaria yang merupakan target utama Rusia), Conrad merasa bahwa pilihan terbaik adalah untuk melancarkan serangan terlebih dahulu ke Polandia selatan yang merupakan pusat mobilisasi pasukan Rusia.[2]

Conrad sadar bahwa Kekaisaran Jerman akan memusatkan perhatian pada front barat karena ingin mengalahkan Perancis dalam waktu sepuluh minggu. Hanya Angkatan Bersenjata Kedelapan yang ditugaskan di timur untuk mempertahankan Prusia Timur. Persekutuan Rusia dengan Perancis mengharuskan Rusia menyerang Jerman, sehingga banyak pasukan Rusia yang dikirim ke Prusia Timur. Angkatan Bersenjata Pertama dan Keempat Austria-Hongaria akan maju ke Polandia tanpa bantuan langsung dari Jerman. Pada 23 Agustus 1914, Angkatan Bersenjata Pertama, Ketiga dan Keempat Conrad dipusatkan di Galisia di front sepanjang 280 km (170 mi).

Pada 2 Agustus, Adipati Agung Nicholas Nikolaevich diangkat sebagai panglima tertinggi. Ia memiliki reputasi yang baik dalam melatih pasukan, tetapi belum pernah memimpin pasukan. Angkatan Bersenjata Ketiga, Keempat, Kelima dan Kedelapan Rusia dikirim ke Galisia. Rencana Rusia adalah untuk mengantisipasi serangan Austria-Hongaria dari Lemberg.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 49°51′00″LU 24°01′00″BT / 49,85°LU 24,0167°BT / 49.8500; 24.0167