Pertempuran Asiago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pertempuran Asiago
Strafexpedition
Bagian dari Blok Italia pada perang Dunia I
Guerra Altipiani Dopo Assalto.jpg
Vegetasi alpine yang tersisa setelah serangan terhadap Asiago.
Tanggal 15 Mei - 10 Juni 1916
Lokasi dataran tinggi Asiago, Veneto, Italia
Pihak terlibat
Bendera Italia Italia  Austria-Hongaria
Tokoh dan pemimpin
Luigi Cadorna,
Roberto Brusati
Guglielmo Pecori Giraldi
Franz Graf Conrad von Hötzendorf, Archduke Eugen Austria, Victor Dankl, Hermann Kovess von Kovesshaza
Kekuatan
172 batalyon,
850 senjata
300 batalyon, 2.000 senjata
Korban
140.000
(12.000 terbunuh,
80.000 terluka,
50.000 tertangkap)
100.000
(15.000 terbunuh,
75.000 terluka,
15.000 hilang dan tertangkap)

Pertempuran Asiago atau Serangan Trentino dijuluki Strafexpedition ( "Ekspedisi Hukuman") [1] oleh Austria, merupakan serangan balasan Austria-Hongaria di Italia pada tanggal 15 Mei 1916, selama Perang Dunia I.

Pertempuran Asiago adalah serangan tak terduga yang terjadi di dekat Asiago di Provinsi Vicenza (di timur laut Italia, kemudian pada sisi perbatasan Italia antara Kerajaan Italia dan Austria-Hongaria ) setelah Pertempuran Isonzo Kelima (Maret 1916).

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Selama beberapa waktu Komandan Austria, Jenderal Conrad von Hötzendorf, telah mengusulkan gagasan Strafexpedition yang melumpuhkan sekutu Italia, mengaku bersalah karena telah mengkhianati Triple Alliance, dan pada tahun sebelumnya ia mempelajari studi perbatasan untuk merumuskan kemungkinan invasi.

Masalah menjadi serius, terutama karena perbatasan berubah melalui gunung-gunung tinggi dan membatasi gerak Italia pada tahun 1915 yang telah memperburuk situasi dan kecuali keberhasilan di luar lembah Valsuganaand Val Lagarina (keduanya terhubung oleh kereta api) dan dataran tinggi Lavarone , Folgaria dan Asiago.

Lokasi geografis dari rute adalah kondusif untuk rencana asli yang disebut untuk pembuka dari Trent ke Venesia, mengisolasi Angkatan Darat ke-2 dan ke-3 Italia yang bertempur di Isonzo dan Angkatan Darat ke-4 Italia mempertahankan wilayah Belluno dan Trentino timur.

Persiapan untuk pertempuran dimulai pada bulan Desember 1915, ketika Conrad von Hötzendorf diusulkan kepada Jerman dengan berbeda jumlah, Jenderal Erich von Falkenhayn, menggeser divisi blok Timur di Galicia ke Tyrol, menggantikan divisi Jerman. Setelah menerima jawaban negatif dari Jerman, menolak usulan penggantian dan secara aktif berusaha untuk mencegah Austria-Hongaria dengan serangan, Conrad von Hötzendorf memutuskan untuk beroperasi secara otonomi. Angkatan Darat ke-11 Austria-Hongaria, di bawah komando Count Victor Dankl, akan melaksanakan serangan diikuti oleh Angkatan Darat ke-3 di bawah pimpinan Hermann Kovess.

Itu tidak mudah karena Italia telah berada di wilayah sekitar 250.000 pasukan (Angkatan Darat Pertama Jenderal Brusati dan sebagian dari Angkatan Darat Keempat). Hötzendorf telah meminta bantuan Jerman, tetapi permintaan itu ditolak karena Jerman belum berperang dengan Italia (yang akan menyatakan perang terhadap Jerman tiga bulan kemudian), dan karena memposisikan unit Jerman di blok Italia akan mengurangi kemampuan serangan Jerman terhadap Rusia .

Intelijen Italia telah mengumpulkan informasi mengenai serangan musuh di Trentino untuk sekitar sebulan, namun laporan-laporan Cadorna ditolak karena tidak ada yang bisa terjadi di wilayah itu.

Pada 15 Mei, 2.000 senjata artileri Austria membuka bendungan yang berat terhadap garis Italia, sehingga Trentino terbakar. Infanteri Austria menyerang sepanjang 50 km. Sayap Italia bertahan di tanah mereka, tetapi pusat kekuatan dan Austria dapat diterobos, mencapai dataran Venesia sekitar 30 km jauhnya, semua pasukan Italia di Isonzo dihadapi.

Cadorna buru-buru mengirim bala bantuan kepada Angkatan Darat Pertama, dan disebarkan membentuk Angkatan Darat Kelima untuk terlibat dalam pertempuran dan mereka berhasil mencapai dataran. Situasi ini kritis.

Namun, pada 4 Juni, Rusia tiba-tiba mengambil inisiatif di Galicia, di mana mereka berhasil masuk Austria. Meskipun mereka secara efektif dilawan oleh tentara Jerman, terpaksa Hötzendorf untuk menarik setengah divisi dari Trentino. Akibatnya Strafexpedition tidak bisa lagi dipertahankan dan Austria mundur dari posisi mereka. Pasukan Italia di wilayah itu meningkat menjadi 400.000 untuk melawan Austria.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thompson, Mark (2008) The White War: Hidup dan Mati di blok Italia, 1915-1919, Faber dan Faber, London p.163

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°54′7″LU 11°30′32″BT / 45,90194°LU 11,50889°BT / 45.90194; 11.50889