Pertempuran Gembloux (1940)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pertempuran Gembloux[3] (atau Pertempuran celah Gembloux) adalah pertempuran antara tentara Prancis dan Jerman pada Mei 1940. selama Perang Dunia II. Pada 10 Mei 1940, Angkatan Bersenjata Wehrmacht Jerman Nazi, menjajah Luksemburg, Belanda dan Belgia dibawah rencana operasi Rencana Manstein (Case Yellow). Tentara Sekutu merespon dengan Dyle Plan (versi Breda), dimaksudkan untuk menghentikan Jerman di Belgia, percaya itu adalah tusukan ke jantung Jerman. Sekutu melakukan pergerakan terbaik dan paling gesit ke Belgia pada 10 dan 12 May, Jerman mulai bagian kedua dari Fall Gelb, Rencana Manstein pergerakan menuju Ardennes, untuk mencapai Selat Inggris dan memotong kekuatan sekutu di Belgia.

Tidak menyadari bahwa invasi Jerman di Negara-Negara Dataran Rendah adalah perangkap, Angkatan Darat Prancis bermaksud untuk menghentikan pergerakan Jerman ke pusat Belgia dan Prancis pada posisi bertahan di dua kota Hannut dan Gembloux. AD Pertama, kekuatan Angkatan Darat Sekutu yang paling kuat, mempertahankan poros Gembloux–Wavre. Corps de Cavalerie (Général René Prioux), bergerak ke Hannut, untuk melindungi sisa AD pertama yang tersebar di Gembloux, dengan menunda pergerakan tentara Jerman.

Setelah Pertempuran Hannut, beberapa 35 km (22 mi) ke barat laut, Prancis mundur ke Gembloux dan menjadi posisi bertahan utama untuk Prancis di front Belgia. Selama dua hari Prancis mengalahkan serangan element dari AD ke-6. Serangan kejutan Jerman melalui hutan Ardennes dan penyeberangan Meuse di Sedan, memaksa AD Pertama mundur dari Gembloux, lalu kembali ke perbatasan Prancis menuju Lille. Penarikan mundur menyebabkan pertahanan Sekutu berantakan pada sektor utama di front Belgia dan tentara Jerman menduduki pusat Belgia. Strategi pertempuran tidak meyakinkan. Pengalihan AD Pertama di Sedan, yang memungkinkan Jerman mencapai tujuan strategis dari Fall Gelb tetapi AD Pertama bertahan dan selama Pengepungan Lille mengalihkan tentara Jerman dari Pertempuran Dunkirk, dimana memungkinkan PEB dan rombongan Prancis yang utama berhasil melarikan diri.

"Keberhasilan Sekutu di Gembloux dianulir dengan kemenangan Jerman lebih jauh ke selatan, tetapi kegagalan Reichenau menghancurkan atau setidaknya mengalahkan corps de bataille Sekutu di Gembloux sangat krusial. Faktanya komando tertinggi Sekutu terbukti tidak mampu menggunakan corps de bataille untuk memulihkan front Sekutu. Tetapi Wehrmacht butuh pertempuran selama 2 pekan lagi untuk mengepung dan merebut Angkatan Darat Pertema, memungkinan sisanya dan sebagian besar PEB untuk melarikan diri dari Dunkirk"[4] Frieser juga menganggap pertempuran ini sebagai kemenangan Prancis dalam tingkat taktis

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gunsberg 2000, hlm. 137–138.
  2. ^ Gunsberg 2000, hlm. 137.
  3. ^ Gunsberg 2000, hlm. 97.
  4. ^ Gunsberg 2000, p. 140.