Perang Palsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Perang Phoney)
Perang Palsu
TanggalOktober 1939 — April 1940
(7 bulan dan 4 hari)
LokasiGaris Maginot, Garis Siegfried
Hasil Pertempuran Prancis
Pihak terlibat
Sekutu:
Prancis
 Britania Raya
Poros:
 Jerman

Perang Palsu (Inggris: Phoney War) adalah periode selama enam bulan pada awal terjadinya Perang Dunia II yang ditandai dengan kurangnya operasi militer yang besar oleh Sekutu Barat (Britania Raya dan Prancis) terhadap Jerman Nazi. Tahap ini meliputi beberapa bulan setelah Inggris dan Prancis menyatakan perang terhadap Jerman (tepatnya setelah invasi Polandia) pada bulan September 1939 dan mendahului Pertempuran Prancis pada bulan Mei 1940. Perang diumumkan oleh masing-masing pihak, tetapi tidak ada kekuatan Barat yang ingin melakukan serangan darat yang signifikan, meskipun persyaratan aliansi militer Anglo-Polandia dan Franco-Polandia yang mewajibkan Inggris dan Prancis untuk membantu Polandia.

Perang Palsu dimulai sejak invasi Jerman ke Polandia pada 1 September 1939; Periode dimulai sejak deklarasi perang UK dan Perancis terhadap Jerman. Satu-Satunya operasi darat dalam Perang ini adalah Invasi Perancis terhadap Saarland. Dan berakhir dengan Invasi Jerman terhadap Perancis dan Belanda-Belgia.

Periode ini juga disebut sebagai The Twilight War (Perang Senja) (oleh Winston Churchill), der Sitzkrieg [1] ("perang duduk": plesetan dari blitzkrieg), The Bore War (Perang yang Membosankan) (plesetan dari Perang Boer), Dziwna Wojna ("perang aneh" dalam bahasa Polandia), dan drôle de guerre ("perang lucu / aneh" dalam bahasa Prancis).

Istilah "perang palsu" mungkin diciptakan oleh Senator Amerika Serikat William Borah pada bulan September 1939, yang menyatakan: ". Ada sesuatu yang palsu tentang perang ini" [2]

Poster Britania yang merupakan tipe umum selama "Perang Palsu". Pada poster ini, tertulis, "Hitler tidak akan mengirimkan pernyataan perang, sehingga, kenakanlah selalu masker gas anda".
Orang-orang dari Warsawa yang berdemonstrasi di bawah Kedutaan Besar Inggris di Warsawa setelah pernyataan perang Inggris terhadap Jerman Nazi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Phoney War". History Learning Site. 
  2. ^ "Defiant Peace Bid Hurled By Hitler". The Pittsburgh Press. September 19, 1939. 

Referensi[sunting | sunting sumber]