Pembagian administratif Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Rusia adalah sebuah federasi yang terdiri dari 88 subyek federal (bahasa Rusia: tunggal: субъект dan jamak: субъекты). Semua subyek federal sama statusnya namun kadar otonominya berbeda-beda. Semua memiliki 2 wakil di Dewan Federal Rusia.

Subyek Federasi Russia[sunting | sunting sumber]

Map of Russian subjects by type, 2008-03-01.svg
1
22 republik (negara bagian) (bahasa Rusia: республики, tunggal республика; alihaksara huruf Latin: respubliki, tunggal respublika) - daerah otonom dengan hak untuk keluar dari federasi, masing-masing memiliki konstitusi sendiri, presiden dan parlemen; diwakili oleh pemerintah federal dalam hubungan luar negeri; dan merupakan rumah dari etnis minoritas tertentu.
2
46 oblast (provinsi) (bahasa Rusia: области, tunggal область; transliterasi huruf Latin: oblasti, tunggal oblast) - paling umum, unit administratif biasa dengan gubernur yang dipilah secara federal dan "legislatur" yang dipilih secara lokal.
3
9 krai (wilayah) (bahasa Rusia: края, tunggal край; transliterasi bahasa Inggris: kraya, tunggal krai atau kray, yang terakhir secara grammar lebih benar, tetapi kurang umum) - mirip dengan oblast namun biasanya lebih berada di perbatasan luar dan lebih jarang penduduknya.
4
1 oblast otonom (bahasa Rusia: автономная область; transliterasi huruf Latin: avtonomnaya oblast).
5
10 distrik otonom (bahasa Rusia: автономные округа, sing. автономный округ; transliterasi huruf Latin: avtonomnyye okruga, tunggal avtonomny okrug) - lebih otonom dari oblasts tetapi kurang dari republik; biasanya dengan etnik minoritas yang berjumlah besar atau mendominasi.
6
3 kota federal (negara kota) (Bahasa Rusia: федеральные города, sing. федеральный город; transliterasi huruf Latin: federalnyye goroda, tunggal federalny gorod) - kota utama yang berfungsi sebagai wilayah terpisah.