Kementerian Pertahanan (Rusia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kementerian Pertahanan Federasi Rusia
Министерство обороны Российской Федерации
Ministerstvo oborony Rossiyskoy Federatsii
Lambang Kementerian Pertahanan
Bendera Kementerian Pertahanan

Kantor Kementerian Pertahanan di Moskwa
Informasi lembaga
Dibentuk1717 (sebagai Kolegium Perang)
Nomenklatur lembaga sebelumnya
  • Kolegium Perang (1717–1802)
    • Kementerian Perang Kekaisaran Rusia (1802–1917)
    • Komisariat Pertahanan Rakyat Uni Soviet (1934–1946)
    • Kementerian Pertahanan Uni Soviet (1946–1991)
Wilayah hukumPresiden Rusia
Kantor pusatZnamenka 19, Moskwa, Rusia
Koordinat: 55°43′51″N 37°36′50″E / 55.73083°N 37.61389°E / 55.73083; 37.61389
Anggaran tahunanUS$46 miliar (2018)
Menteri
Lembaga bawahan
  • Dinas Federal untuk Kerjasama Teknik-Militer
    • Dinas Federal untuk Kontrol Teknis dan Ekspor
    • Dinas Federal untuk Kontrak Pertahanan
    • Badan Federal untuk Konstruksi Khusus
    • Badan Federal untuk pasokan senjata, peralatan militer dan khusus serta pasokan material
Situs webeng.mil.ru

Kementerian Pertahanan Federasi Rusia (bahasa Rusia: Министерство обороны Российской Федерации, translit. Ministerstvo oborony Rossiyskoy Federatsii), biasa disingkat sebagai МО, МО РФ, atau Minoborony (Минобороны) adalah badan pengatur Angkatan Bersenjata Rusia.

Presiden Rusia adalah Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Federasi Rusia dan mengarahkan kegiatan Kemente rian. Menteri Pertahanan menjalankan otoritas administrasi dan operasional sehari-hari atas angkatan bersenjata.[1] Staf Umum Angkatan Bersenjata melaksanakan instruksi dan perintah presiden serta menteri pertahanan.

Gedung utama kementerian pertahanan dibangun pada tahun 1940-an dan terletak di Lapangan Arbatskaya, di dekat Jalan Arbat. Gedung-gedung lain kementerian ini terletak di penjuru kota Moskwa. Badan tertinggi yang bertanggung jawab atas manajemen Kementerian dan pengawasan Angkatan Bersenjata adalah Pusat Manajemen Pertahanan Nasional yang terletak di Tanggul Frunzenskaya, dan bertanggung jawab atas sentralisasi komando Angkatan Bersenjata.

Menteri Pertahanan saat ini adalah Jenderal Angkatan Darat Sergey Shoygu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 1992, Presiden Rusia Boris Yeltsin mengangkat Jenderal Angkatan Darat Pavel Grachev ke jabatan Menteri Pertahanan. Grachev memutuskan untuk memihak Yeltsin dalam krisis konstitusional Rusia tahun 1993, ketika presiden memanggil tank untuk menembaki Gedung Putih Rusia untuk meledakkan lawan-lawannya di parlemen, secara efektif mencabut peluang Majelis Agung Rusia untuk membatalkan kekuasaan presiden. Setidaknya sebagian karena alasan itu, Yeltsin mempertahankan menteri pertahanannya meskipun mendapat kritik keras terhadap manajemen Grachev atas Perang Chechnya Pertama dan pendirian militer Rusia secara umum. Akhirnya, kemenangan Yeltsin pada putaran pertama pemilihan presiden Rusia tahun 1996 membuat Yeltsin memecat Grachev.

Pada bulan Maret 2001, Sergei Ivanov yang sebelumnya adalah sekretaris Dewan Keamanan Rusia diangkat menjadi menteri pertahanan oleh Presiden Vladimir Putin, menjadi menteri pertahanan dengan latar belakang sipil pertama Rusia.[2] Putin menyebut perubahan personel dalam struktur keamanan Rusia yang bertepatan dengan penunjukan Ivanov sebagai menteri pertahanan sebagai "langkah menuju demiliterisasi kehidupan publik." Putin juga menekankan tanggung jawab Ivanov untuk mengawasi reformasi militer sebagai menteri pertahanan. Apa yang tidak ditekankan Putin adalah pengabdian panjang Ivanov di KGB dan FSB, dan pangkatnya saat itu sebagai Letnan Jenderal di FSB. Orang-orang yang terkait dengan militer dan keamanan seperti itu dikenal sebagai siloviki.

Pada tahun 2002, empat Marsekal Uni Soviet yang masih hidup secara otomatis menjadi Penasihat Menteri Pertahanan. Marsekal yang hidup saat itu adalah Viktor Kulikov, Vasily Petrov, Sergei Sokolov, mantan Menteri Pertahanan Uni Soviet, dan Dmitri Yazov. Oleh analis Amerika Scott and Scott pada tahun 2002 Yazov didaftarkan sebagai konsultan untuk (sebelumnya ke-10) Direktorat Kerjasama Militer Internasional.[3]

Barangkali, Menteri Pertahanan dengan latar belakang sipil "sesungguhnya" yang pertama adalah Anatoliy Serdyukov, yang diangkat pada Februari 2007. Serdyukov adalah mantan Menteri Pajak dengan sedikit siloviki atau asosiasi militer setelah dinas militernya selama dua tahun.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Menteri Pertahanan Rusia, Jenderal Angkatan Darat Sergey Shoygu

Staf senior pada tahun 2021 meliputi:[4]

Menteri Pertahanan:

  • Menteri Pertahanan Federasi Rusia – Jenderal Angkatan Darat Sergey Shoygu (sejak 6 November 2012)

Wakil Menteri Pertahanan Pertama:

  • Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Federasi Rusia – Wakil Menteri Pertama Pertahanan Federasi Rusia – Jenderal Angkatan Darat Valery Gerasimov (sejak 9 November 2012)
  • Wakil Menteri Pertahanan Pertama Federasi Rusia – Penasihat Negara Aktif Federasi Rusia, Kelas 1 Ruslan Tsalikov (sejak 24 Desember 2015)

Wakil Menteri Pertahanan:

  • Sekretaris Negara – Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia – Jenderal Angkatan Darat (Purn) Nikolay Pankov (sejak 13 September 2005)
  • Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia (Bertanggung jawab untuk Mengorganisir Dukungan Material-Teknis untuk Angkatan Bersenjata) – Kolonel Jenderal Mikhail Mizintsev (sejak 24 September 2022)
  • Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia (Bertanggung jawab untuk Mengatur Dukungan Keuangan untuk Angkatan Bersenjata) – Penasihat Negara Aktif Federasi Rusia, Kelas 1 Tatiana Shevtsova (sejak 4 Agustus 2010)
  • Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia – Pengawas Aparatur Kementerian Pertahanan Federasi Rusia – Kolonel Jenderal Yuriy Sadovenko (sejak 7 Januari 2013)
  • Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia (Penanggung Jawab Pengembangan Basis Teknis Sistem Manajemen dan Teknologi Informasi) – Jenderal Angkatan Darat Pavel Popov (sejak 7 November 2013)
  • Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia (Bertanggung jawab untuk Mengatur Manajemen Properti, Kuartal Pasukan (Pasukan), Perumahan, dan Dukungan Medis untuk Angkatan Bersenjata) – Penasihat Negara Aktif Federasi Rusia, Kelas 2 Timur Ivanov (sejak 23 Mei 2016 )
  • Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia (Bertanggung jawab untuk Menyelenggarakan Kerjasama Teknik Militer dan Militer Internasional) – Kolonel Jenderal Aleksandr Fomin (sejak 31 Januari 2017)
  • Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia (Bertanggung jawab untuk Mengorganisir Dukungan Teknik-Militer untuk Angkatan Bersenjata) – Penasihat Negara Aktif Federasi Rusia, Kelas 1 Aleksey Krivoruchko (sejak 13 Juni 2018)
  • Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia (Penanggung Jawab Pelatihan Tempur) – Kolonel Jenderal Yunus-Bek Yevkurov (sejak 8 Juli 2019)
  • Wakil Menteri Pertahanan Federasi Rusia – Kepala Direktorat Utama Urusan Politik-Militer Angkatan Bersenjata Rusia – Kolonel Jenderal Viktor Goremykin (sejak 28 Juli 2022)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Федеральный закон от 31.05.1996 г. № 61-ФЗ". Президент России (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2023-07-11. 
  2. ^ "Russian Leader Expands Powers of a Possible Successor" (dalam bahasa Inggris). ISSN 0190-8286. Diakses tanggal 2023-07-11. 
  3. ^ Harriet F. Scott and William Scott, Russian Military Directory 2002, p. 341, citing DS2002-0802.
  4. ^ RF MOD website www.mil.ru accessed 18 August 2019.