Sukamantri, Ciamis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Panjalu Utara, Ciamis)
Lompat ke: navigasi, cari
Sukamantri
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Ciamis
Pemerintahan
 • Camat Drs. H. Adang Darajat MM
Luas 47,9 km²
Jumlah penduduk 23.974
Kepadatan 500 jiwa/km²
Desa/kelurahan 5

Sukamantri adalah sebuah kecamatan paling utara di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia yang dibentuk pada tanggal 23 Januari 2004. Sebelum resmi dibentuk, Sukamantri adalah sebuah kemantren (perwakilan kecamatan) di Kecamatan Panjalu. Istilah "Panjalu Utara" pernah digunakan sebagai sebutan tidak resmi untuk kecamatan ini. Kantor Kecamatan Sukamantri beralamat di Jalan Raya Barat No. 97 Sukamantri. Kode Pos 46764.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Sukamantri mempunyai jumlah penduduk 23.974 dengan kepadatan 500 jiwa/km² . Mayoritas penduduk nya memeluk agama Islam.

Topografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Sukamantri terletak paling Utara di Kabupaten Ciamis. Wilayah kecamatan Sukamantri memiliki kesamaan karakteristik dengan Kota Bandung yaitu terletak di sebuah Basin (cekungan). Sukamantri terletak di 728m (dpl), dengan memiki curah hujan 2588mm/tahun. Suhu nya 19'C. Jarak ke pusat Kabupaten Ciamis adalah 42 km, sedangkan jarak ke Kota Bandung adalah 110 km.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Penduduk Sukamantri mayoritas bermata pencaharian dibidang pertanian, jasa, dan pegawai negri sipil (PNS). Disini masih tersedia banyak mata pencaharian, terutama di sektor pertanian. Namun banyak juga masyarakat yang berurbanisasi ke kota-kota besar di Jawa Barat dan Jakarta seperti ke Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Bekasi, dan Bogor. Mereka yang berurbanisasi kebanyakan bergerak dibidang perdagangan.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi di daerah ini terbilang cukup maju. Daerah ini dilalui oleh jalan raya lintas kabupaten yang menjadi pintu masuk ke Kabupaten lain seperti Majalengka, Kuningan, dan Cirebon. Di Kecamatan ini juga terdapat sebuah Terminal yang cukup padat. Angkutan yang paling umum di daerah ini adalah mini bus yang sering disebut ELP yang melayani angkutan tiap hari nya Ke dan dari Bandung, jumlahnya lebih dari 100 armada. Selain itu terdapat pula cary (CPI) yang tiap harinya melayani Ke dan dari Tasikmalaya. Ada juga Bus yang melani daerah di Timur Jawa Barat dan Jawa Tengah

Angkutan dan Rute :

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Salah satu yang sedang di kembangkan oleh Pemda Kecamatan Sukamantri adalah wisata "off-road", dimana daerah ini berpotensi untuk mengembangkan pegunungan untuk dibuat trek (jalan) off-road, dan dibuatnya wisata off-road ini diharapkan dapat mengembangkan ekonomi di daerah ini. Selain itu daerah ini sedang mengembangkan wisata air, yaitu terdapat nya "Situ Cibubuhan" yang cukup berpotensi untuk dijadikan pariwisata. Keduanya adalah potensi Pariwisata masa depan Kecamatan ini.

Kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Sukamantri mempunyai khas kebudayaan daerah yaitu Bebegig. Bebegig sudah sering ditampilkan terutama dalam acara perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, dan dilombakan dalam festival-festival di luar daerah, seperti di Bali (juara II), Jakarta, Bandung dan Pangandaran, serta berencana untuk mengikuti festival budaya di Brasil.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Cibeureum
  2. Mekarwangi
  3. Sindanglaya
  4. Sukamantri
  5. Tenggerraharja

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]