Orang Mansi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mansi
Family of Mansi 1901.png
Total populasi
12,500
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Khantia-Mansia (Rusia)
 Rusia12,269 (2010)[1]
 Ukraina43 (2001)[2]
Bahasa
Rusia, Mansi
Agama
Syamanisme, Ortodoks Rusia
Kelompok etnis terkait
Khanty
Penunggang Rusa Mansi

Orang Mansi (Mansi: Мāньси / Мāньси мāхум, Māńsi / Māńsi māhum, IPA: [ˈmaːnʲsʲi, ˈmaːnʲsʲi ˈmaːxʊm]) adalah suku bangsa Ugrik yang tinggal di Okrug Otonom Khanty-Mansi di utara Federasi Rusia. Dahulu, mereka dikenal sebagai Vogul.

Bersama orang Khanty, suku Mansi diwakili secara politik oleh Asosiasi untuk Penyelamatan Yugra. Salah satu organisasi masyarakat adat pertama yang didirikan pada 1980-an di masa kebijakan Perestroika.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nenek moyang orang Mansi mendiami wilayah barat Pegunungan Ural.[3] Peninggalan arkeologis leluhur Mansi telah digali di sekitar Perm.[3]

Pada milenium pertama sebelum masehi, mereka bermigrasi ke Siberia Barat di mana mereka berasimilasi dengan penduduk asli. Menurut yang lain mereka berasal dari padang rumput di Ural selatan lalu bermigrasi ke lokasi mereka saat ini sekitar 500 Masehi.[4]

Mansi telah melakukan kontak dengan bangsa Rusia setidaknya sejak abad ke-16 ketika sebagian besar Siberia barat dikuasai Rusia di bawah pimpinan Yermak Timofeyevich. Karena kontak yang sering dengan Rusia dan Soviet, mereka umumnya lebih berasimilasi daripada tetangga utara mereka, orang Khanty.

Dalam legenda, orang Mansi dikisahkan menaiki rusa besar ketika bertempur, meskipun tidak ada bukti sejarah yang menguatkan hal ini.[5]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Официальный сайт Всероссийской переписи населения 2010 года. Информационные материалы об окончательных итогах Всероссийской переписи населения 2010 года [Official site of the National Population Census 2010. Informational materials about the final outcome Russian Census 2010] (dalam bahasa Rusia). RU: GKS. 
  2. ^ "National composition of population". Census (dalam bahasa Ukraina). UA: State statistics committee of Ukraine. 2001. 
  3. ^ a b "The Mansis". The Peoples of the Red Book. EE: EKI. 
  4. ^ "Khanty & Mansi". Encyclopædia Britannica. 
  5. ^ "Finnish media fall for 'Soviet battle moose' hoax, probed by regulator". RT International. 25 November 2017. Diakses tanggal 17 September 2018.