Suku Karachai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Orang Karachai
Karachay patriarchs in the 19th c.jpg
Total populasi
300,000 (est.)
Kawasan dengan populasi yang signifikan
 Rusia 218,403[1] (2010)
 Kazakhstan 995[2] (2009)
 Ukraina 190[3] (2001)
 Turki 50,000[4] (2010)
 Kirgizstan 2,400 (est.)
 Uzbekistan 500
 Amerika Serikat about 5000 (2010)
Bahasa
Karachay dan Rusia di Republik Karachai-Cherkessia
Agama
Islam Sunni
Kelompok etnis terkait
Orang Balkar

Suku Karachay adalah orang-orang yang berbicara bahasa Turki dari wilayah Kaukasus Utara, mereka sebagian besar tinggal di Republik Karachay-Cherkessia, Rusia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Orang Karachay (Къарачайлыла, Qaraçaylıla) adalah orang-orang Turki yang turun dari bangsa Kipchaks, dan berbagi bahasa mereka dengan orang-orang Kumyk dari Daghestan. Dalam bahasa Turki, "Karachay" berarti "Sungai Hitam".

Orang Kipchak (Cumans) datang ke Kaukasus pada abad ke-11. Negara Alania didirikan pada Abad Pertengahan dan beribukota di Maghas, yang beberapa menulis berlokasi di Arkhyz, pegunungan yang saat ini dihuni oleh Karachay, sementara yang lain menempatkannya pada apa yang sekarang adalah daerah Ingushetia atau Ossetia Utara modern. Pada abad ke-14, Alania dihancurkan oleh Timur Lenk dan penduduk yang tersisa menyebar ke pegunungan. Serangan Timur ke dalam Kaukasus Utara memperkenalkan bangsa lokal pada Islam.

Pada tahun 1828 tentara Rusia menyerbu wilayah Kaukasus, termasuk Karachay. Pada 20 Oktober 1828 Pertempuran Hasaukinskoe berlangsung, pertempuran di mana pasukan kaisar Rusia, di bawah komando Jenderal Emanuel membunuh dan melukai sekitar 163 orang. Sehari setelah pertempuran, ketika tentara Rusia mendekati Dzhurtu, para tetua Karachay bertemu dengan para pemimpin Rusia. Untuk mencegah pembantaian desa Karachay, sebuah kesepakatan dicapai untuk masuknya Karachay ke dalam Kekaisaran Rusia.

Setelah aneksasi ini, pemerintahan sendiri dari Karachay tetap utuh, termasuk pejabat dan pengadilan. Interaksi dengan masyarakat Muslim tetangga terus berlangsung berdasarkan pada kebiasaan rakyat dan hukum Syariah. Di Karachay, tentara dilantik melalui Karachai Amanat, berjanji dan sumpah setia, dan bertugas dengan senjata.

Karachay Officers "Wild Division". Petrograd, August 31, 1917.

Dari 1831-1860, orang-orang Karachay bergabung dengan perjuangan berdarah anti-Rusia yang dilakukan oleh orang-orang Kaukasia. Antara 1861 hingga 1880, untuk menghindari pembalasan oleh tentara Rusia, sejumlah besar orang Karachay bermigrasi ke Turki.

Pada tahun 1942 Jerman mengizinkan pembentukan Komite Nasional Karachay untuk mengelola "otonomi daerah" mereka; dan Karachay juga diperbolehkankan untuk membentuk kepolisian mereka sendiri dan membangun brigade perang yang bergabung dengan Wehrmacht. Hubungan dengan Nazi Jerman ini menyebabkan ketika Rusia kembali menguasai wilayah itu pada November 1943, Karachay dituduh bekerja sama dengan Nazi Jerman. Sebagian dari total populasi sekitar 80.000 orang dideportasi paksa dan dipindahkan ke Asia Tengah, terutama di Kazakhstan dan Kirgizstan. Dalam dua tahun pertama dari deportasi, penyakit dan kelaparan menyebabkan kematian 35% dari populasi; 28.000 anak-anak, 78%, atau hampir 22.000 tewas.[butuh rujukan]

Karachay girl in traditional dress

Geografi[sunting | sunting sumber]

Bangsa Karachay, bersama dengan bangsa Balkar dan bangsa Nogay menempati lembah dan kaki bukit Kaukasus Tengah di lembah-lembah sungai dari Sungai Kuban, Sungai Zelenchuk, Sungai Malka, Sungai Baksan, Sungai Cherek dan lain-lain.

Orang-orang Karachay dan Balkar sangat bangga dengan simbol bangsa mereka, Gunung Elbrus, gunung puncak kembar tertinggi di Eropa dengan ketinggian 5.642 meter.

Bahasa dan Agama[sunting | sunting sumber]

Dialek Karachay dari bahasa Karachay-Balkar berasal dari cabang barat laut bahasa Turk. Orang Kumyk, yang tinggal di timur laut Dagestan, berbicara dengan bahasa yang sama yaitu Bahasa Kumyk. Mayoritas orang-orang Karachay adalah penganut Islam.

Bentang alam Karachai-Ikressia, Feb. 2004

Perantau[sunting | sunting sumber]

Banyak orang Karachay bermigrasi ke Turki setelah aneksasi Rusia pada bangsa Karachay pada awal abad ke-19. Orang Karachay juga dipindahkan secara paksa ke negara-negara Asia Tengah yaitu Uzbekistan, Kazakhstan, dan Kirgizstan selama kampanye relokasi Joseph Stalin pada tahun 1944. Karena era Nikita Khrushchev di Uni Soviet, banyak orang Karachay telah pulang kembali ke tanah air mereka dari Asia Tengah. Saat ini, ada komunitas karachay yang cukup besar di Turki (berpusat di sekitar Afyonkarahisar), Uzbekistan, Amerika Serikat, dan Jerman.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Orang-prang Karachay hidup terisolasi di antara Pegunungan Kaukasus menyebabkan mereka berkarakter unik.

Orang Karachay hidup dalam masyarakat yang terbagi dalam Keluarga dan klan (Tukum). Tukum didasarkan pada garis keturunan keluarga dan ada sekitar 32 Tukum Karachay. Tukum-tukum yang menonjol termasuk: Aci, Batcha (Batca), Baychora, Bayrimuk (Bayramuk), Bostan, Catto, Cosar (Cesen), Duda, hubey (Hubi), Karabash, Laypan, Lepshoq, Ozden, Silpagar, Teke, dan Toturkul.

Orang Karachay sangat independen, dan memiliki tradisi yang kuat dan adat istiadat yang mendominasi berbagai aspek kehidupan mereka: misalnya pernikahan, pemakaman, dan pernyataan keluarga. Mereka sangat setia pada keluarga dan "tukum" mereka. Mereka tidak akan pernah menyinggung tamu. Pengecut adalah rasa malu yang paling serius bagi laki-laki.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]