Chulym

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Chulym
Daerah dengan populasi signifikan
 Rusia355[1]
Bahasa
Chulym, Rusia
Agama
Ortodoks Rusia dan Syamanisme
Suku bangsa terkait
Tatar Siberia, Shor, Khakas

Chulym, disebut juga Tatar Chulym (endonim: Татарлар), adalah suku Turk yang tinggal di Oblast Tomsk dan Krai Krasnoyarsk di Rusia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Suku Tatar Chulym pertama kali datang ke Sungai Chulym ketika mereka diusir dari tanah air mereka di Kekhanan Sibir oleh pasukan Yermak Timofeyevich.[2]

Mereka dulu tinggal di bagian tengah dan hilir Sungai Chulym (anak Sungai Ob). Orang Rusia biasa menyebut mereka Tatar Chulym. Chulym muncul pada abad ke-16 sebagai hasil pencampuran beberapa suku Turk yang bermigrasi ke Timur setelah jatuhnya Kekhanan Siberia, seperti Teleut, Kirgiz Yenisei dan Tatar Tobolsk.[3]

Pada abad ke-16, Rusia menaklukkan tempat tinggal baru suku Chulym. Pada 1720, mereka dipaksa masuk Kristen.[3] Di bawah pemerintahan Soviet, rakyat Chulym dipaksa menjalankan kolektivisasi lahan dan dipaksa menjalani gaya hidup menetap. Ideologi pemerintah Soviet juga diterapkan pada Chulym dan budaya mereka.[3]

Chulym bukanlah suku nomaden. Mereka mengadopsi metode pertanian dan peternakan dari para petani Rusia di daerah itu. Sebagian besar keturunan Chulym berbaur dengan Khakas dan Rusia. Menurut sensus 2002, ada 656 Chulym di Rusia.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Mereka berbicara bahasa Chulym yang dikenal sebagai Ös dan menganut Ortodoks Rusia yang dicampur dengan kepercayaan asli mereka.

Suku Chulym awalnya menggantungkan hidup dari berburu dan menjerat hewan. Namun, modernisasi telah mengubah mata pencaharian mereka dan mereka banyak bekerja di pabrik dan penyamakan kulit.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Russian Census 2010: Population by ethnicity Diarsipkan April 24, 2012, di Wayback Machine. (dalam bahasa Rusia)
  2. ^ Wixman, Ronald (2017). Peoples of the USSR: An Ethnographic Handbook (dalam bahasa Inggris). Routledge. hlm. 48. ISBN 978-1-315-47540-0. 
  3. ^ a b c "The Chulym Tatars". www.eki.ee. The Red Book of the Peoples of the Russian Empire. Diakses tanggal 2020-09-05. 
  4. ^ Olson, James Stuart; Pappas, Lee Brigance; Pappas, Nicholas Charles; Pappas, Nicholas C. J. (1995). An Ethnohistorical Dictionary of the Russian and Soviet Empires (dalam bahasa Inggris). Greenwood Publishing Group. hlm. 162. ISBN 978-0-313-27497-8.