Suku Koryak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Suku Koryak
Koryak ceremony of starting the New Fire.jpeg
Upacara Koryak yang memulai "api baru"
Total populasi
8.812 (Sensus 2002)
Kawasan dengan populasi yang signifikan
 Rusia 7.953[1]
 Ukraina 69[2]
Bahasa
Bahasa Rusia, bahasa Koryak
Agama
Sebagian besar Kekristenan Ortodoks Rusia
Syamanisme

Koryak (atau Koriak) adalah penduduk asli Rusia Timur Jauh yang hidup di wilayah pesisir Laut Bering di sebelah utara Semenanjung Kamchatka. Perbatasan suku Koryak meliputi Tigilsk di selatan dan cekungan Sungai Anadyr di utara.

Budaya suku Koryak ini serupa dengan suku Chukchi di ujung timur laut Siberia. Keduanya menjuluki diri mereka sendiri dengan endonim Luorawetlan ([ɬəɣʔorawetɬʔat]; tunggal [ɬəɣʔorawetɬʔan]), berarti "orang yang sesungguhnya". Bahasa Koryak dan Alutor (yang sering dianggap sebagai dialek bahasa Koryak) berhubungan erat dengan bahasa Chukchi. Bahasa-bahasa ini merupakan bagian dari rumpun bahasa Chukotko-Kamchatka.

Tetangga-tetangga suku Koryak meliputi suku Even di barat, suku Alutor di selatan (di tanah genting Semenanjung Kamchatka), suku Kerek di timur, dan suku Chukchi di timur laut.

Suku Koryak biasanya terbagi menjadi dua kelompok: orang-orang pesisir Nemelan (atau Nymylan) yang berarti "penghuni pedesaan" karena mereka hidup di desa-desa. Mata pencaharian mereka adalah perikanan dan perburuan mamalia laut. Suku Koryak yang hidup di padalaman disebut Chaucu (atau Chauchuven), yang berarti "karya akan rusa" karena mereka menggembalakan rusa. Mereka juga hidup secara nomaden karena mengikuti kawanan rusa yang merumput berdasarkan musimnya.[3]

Menurut sensus pada tahun 2010, terdapat 7.953 orang Koryak di Rusia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Russian Census 2010: Population by ethnicity (Rusia)
  2. ^ [1] State statistics committee of Ukraine - National composition of population, 2001 census] (Ukrainian)
  3. ^ Chaussonnet, hlm. 28-29

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]