Ainu di Rusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ainu
Rumah Ainu Karafuto, 1912
Jumlah populasi
300 (Sensus Rusia 2021)[1]
1.000 hingga +100.000[butuh rujukan] (tidak diakui di tingkat federal)
Daerah dengan populasi signifikan
Oblast Sakhalin, Krai Khabarovsk dan Krai Kamchatka
Bahasa
Rusia, sebelumnya bahasa-bahasa Ainu (Kuril, Sakhalin)
Agama
Ortodoks Rusia dan Syamanisme (lihat mitologi Ainu)
Kelompok etnik terkait
Ainu Hokkaido, Kamchadal, Ryukyu,[2] Jōmon
Suku Ainu Kuril di dalam tempat tinggal tradisional mereka, 1903
Pria Ainu Sakhalin, difoto oleh Bronisław Piłsudski
Rapuri, mantel kulit burung Ainu Kuril

Ainu di Rusia adalah penduduk asli Siberia tepatnya di Oblast Sakhalin, Krai Khabarovsk dan Krai Kamchatka. Suku Ainu Rusia (Aine; bahasa Rusia: айны, translit. Ayny), juga disebut Kurile (курилы, kurily), Kurile Kamchatka (камчатские курилы, kamchatskiye kurily / камчадальские айны, kamchadalskiye ayny) atau Eine (эйны, eyny), dapat dibagi ke dalam enam kelompok.

Meski hanya terdapat sekitar 100 orang yang mengidentifikasi diri sebagai Ainu di Rusia (menurut sensus tahun 2010), dipercaya setidaknya ada 1.000 orang yang merupakan keturunan Ainu. Angka identifikasi diri sebagai Ainu berjumlah kecil diakibatkan penolakan oleh pemerintah Federasi Rusia untuk mengakui Ainu sebagai suku bangsa "yang hidup". Kebanyakan orang yang mengidentifikasi diri sebagai Ainu hidup di Krai Kamchatka, meskipun terdapat lebih banyak keturunan Ainu (mereka sendiri tidak mengetahuinya) yang dapat ditemukan di Oblast Sakhalin. Banyak penduduk setempat secara etnis merupakan Ainu atau memiliki garis keturunan Ainu yang dominan tetapi mengindentifikasi diri sebagai suku Rusia atau Nivkh dan berbicara dalam bahasa Rusia sebagai bahasa pertama, banyak dari mereka tidak mengetahui mereka keturunan Ainu.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Sinelschikova, Yekaterina (2019-06-28). "Kenapa Pemerintah Rusia Enggan Mengakui Keberadaan Suku Ainu?". Russia Beyond. Diakses tanggal 2023-11-19. 

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2. СОСТАВ ГРУППЫ НАСЕЛЕНИЯ "УКАЗАВШИЕ ДРУГИЕ ОТВЕТЫ О НАЦИОНАЛЬНОЙ ПРИНАДЛЕЖНОСТИ"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 September 2023. Diakses tanggal 15 September 2023. 
  2. ^ "Ryukyuan, Ainu People Genetically Similar". 5 December 2012. 
  3. ^ "The Ainu: One of Russia's indigenous peoples: Voice of Russia". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-05. Diakses tanggal 2012-02-22. 

Templat:Penduduk asli Rusia