Bahasa Ainu Sakhalin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Ainu Sakhalin
Dituturkan diRusia dan Jepang
WilayahSakhalin dan Hokkaido
EtnisAinu Sakhalin
Kepunahan1994, wafatnya Take Asai[1]
Dialek
Taraika
Kode bahasa
ISO 639-3Tidak ada (mis)
Glottologsakh1245[2]
QIDQ20747371
Status konservasi
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Extinct

Ainu Sakhalin diklasifikasikan sebagai bahasa yang telah punah (EX) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan

Referensi: [3][4]
Lokasi penuturan
Peta ini menggunakan properti koordinat yang mewajibkan Anda untuk mengaktifkan JavaScript maupun Scribunto eksternal. Titik mungkin saja tidak tertampil di peramban Anda maupun saat Anda menekan gambar ini.
Kisaran lokasi Ainu Sakhalin dituturkan
Kisaran lokasi Ainu Sakhalin dituturkan
Lokasi penuturan
Kisaran lokasi Ainu Sakhalin dituturkan
Kisaran lokasi Ainu Sakhalin dituturkan
Lokasi penuturan
PetaPerkiraan persebaran penuturan bahasa ini.
Koordinat: 47°24′N 142°42′E / 47.400°N 142.700°E / 47.400; 142.700
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Ainu Sakhalin adalah ragam bahasa Ainu yang telah punah, pernah dituturkan di Sakhalin, Rusia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Suku Ainu Sakhalin tampaknya telah hadir di Sakhalin relatif lebih awal. Bukti linguistik menunjukkan bahwa bahasa Proto-Ainu dituturkan di Sakhalin selatan dan Hokkaido timur laut serta meluas dari wilayah ini ke seluruh Hokkaido, Kuril, dan sebagian utara Honshu. Kemudian Sakhalin Ainu berkembang dari Sakhalin selatan ke Sakhalin utara dan mungkin wilayah Amur. Sebuah penelitian oleh Lee dan Hasegawa dari Universitas Waseda menggunakan bukti linguistik, arkeologi dan genetik, menemukan bahwa Ainu secara signifikan terkait dengan Kebudayaan Okhotsk di Hokkaido utara.[5]

Sejarah lisan mencatat perpindahan Ainu dari orang-orang di Sakhalin tengah yang mereka sebut Tonchi, , yang, berdasarkan bukti toponim, adalah suku Nivkh.[6]

Setelah Perang Dunia II, ketika Sakhalin berada di bawah kendali Soviet, semua kecuali 100 orang Ainu yang tinggal di Sakhalin dideportasi ke Jepang. Kebudayaan Ainu terakhir di pulau itu punah pada 1960-an.[7] Bahasa bertahan lebih lama di Jepang, punah pada tahun 1994, yaitu wafatnya Take Asai.[1]

Fonologi dan penulisan[sunting | sunting sumber]

Bahasa Ainu Sakhalin berbeda dengan bahasa Ainu Hokkaido dalam hal terkait vokal panjang. Ainu Sakhalin pernah memiliki (masih bertahan dalam bahasa Ainu Hokkaido) suku kata akhir /p, t, k, r/, konsonan ini melunak dan bergabung menjadi /x/. Setelah /i/, /x/ ini diucapkan sebagai [ç].

Di Jepang, final /x/ ditulis sebagai katakana kecil h dengan vokal gema, dan ditransliterasikan sebagai h. Jadi アㇵ ah, イㇶ ih, ウㇷ uh, エㇸ eh, オㇹ oh.

Dialek[sunting | sunting sumber]

Sakhalin Ainu mungkin terdiri lebih dari satu bahasa. Informasi tentang keragaman bahasa di seluruh pulau Sakhalin dan di antara dialek-dialek Ainu Sakhalin sangat sedikit. Saat ini, dua dialek dapat dikatakan sebagai dialek terbaik yang terdokumentasi - dialek dari pemukiman Rayciska (Japanese: 来知志 - ライチシ), di pantai barat Sakhalin di Selat Tartar Uglegorsk modern, dan dialek dari Tarayka (Japanese: 多来加 - タライカ), menghadap Teluk Taraika dekat Poronaysk modern di pesisir timur. Materi linguistik pada kedua dialek tersebut berupa transkripsi,[8] rekaman, dan transliterasi[9][10] narasi dan percakapan. Hal ini diperoleh dari penutur asli Ainu yang tinggal di Sakhalin atau di Hokkaido, setelah mereka dideportasi dari Rusia ke Jepang. Sejumlah narasi dari pantai tenggara Sakhalin juga dikemukakan oleh Piłsudski[11] dari penutur asli yang tinggal di pemukiman Ainu di Ay, Hunup, Takoye, Sieraroko, Ocohpoka, Otasan hingga Tunayci, di dekat Danau Tunay (Russian: Озеро Тунайча). Dialek-dialek ini tampaknya sangat mirip dengan dialek Tarayka. Namun demikian, varietas Tarayka pesisir timur dilaporkan berbeda dari varietas selatan lainnya. Sedikit data dari pelayaran Barat pada pergantian abad ke-19-20 menunjukkan ada juga keragaman besar lebih jauh ke utara.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Piłsudski, Bronisław; Alfred F. Majewicz (2004). The Collected Works of Bronisław Piłsudski. Trends in Linguistics Series. 3. Walter de Gruyter. hlm. 600. ISBN 9783110176148. Diakses tanggal 2012-05-22. 
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Sakhalin Ainu". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  4. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022. 
  5. ^ Lee, Hasegawa, Sean, Toshikazu (April 2013). "Evolution of the Ainu Language in Space and Time". Dalam makalah ini, kami merekonstruksi evolusi spasiotemporal dari 19 ragam bahasa Ainu, dan hasilnya sangat sesuai dengan hipotesis bahwa ekspansi populasi suku Okhotsk baru-baru ini memainkan peran penting dalam membentuk orang Ainu dan budaya mereka. Bersama dengan bukti arkeologis, biologis dan budaya baru-baru ini, rekonstruksi filogenografi bahasa Ainu kami sangat menyarankan bahwa model struktur ganda konvensional harus disempurnakan untuk menjelaskan kumpulan bukti baru ini. Kasus asal bahasa Ainu yang kami laporkan di sini juga memberikan tambahan detail pada pola global evolusi bahasa, dan filogeni bahasa kami mungkin juga memberikan dasar untuk membuat kesimpulan lebih lanjut tentang dinamika budaya penutur Ainu [44,45]. 
  6. ^ Gruzdeva, "The linguistics situation on Sakhalin Island". in Wurm et al. (1996:1008) Atlas of languages of intercultural communication in the Pacific, Asia and the Americas
  7. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-11. Diakses tanggal 2012-02-22. 
  8. ^ Pilsudski, Bronislaw (1912). Materials for the Study of the Ainu Language and Folklore. Cracow: the Imperial Academy of Sciences "Spólka Wydawnicza Polska". 
  9. ^ Murasaki, Kyōko (1976). カラフトアイヌ語 - テキスト篇. Tokyo: Kokusho Keikōkai. 
  10. ^ Murasaki, Kyōko (2001). 樺太アイヌの昔話. Tokyo: Karafuto Ainu Kyōkai. 
  11. ^ Pilsudski, Bronislaw (1912). Materials for the Study of the Ainu Language and Folklore. Cracow: The Imperial Academy of Sciences "Spolka Wydawnicza Polska". 
  12. ^ Tamura, Suzuko (2000). The Ainu Language. Tokyo: Sanseido. ISBN 4-385-35976-8.