Bahasa Ainu Kuril

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ainu Kuril
Kuril
Dituturkan diRusia dan Jepang
WilayahKepulauan Kuril, lalu Semenanjung Kamchatka dan Prefektur Hokkaido
EtnisAinu Kuril
Punah1962
Ainu
  • Ainu Kuril
Kode bahasa
ISO 639-3Tidak ada (mis)
Glottologkuri1271[1]

Bahasa Ainu Kuril adalah ragam bahasa Ainu yang telah punah di Kepulauan Kuril, Rusia. Pulau berpenghuni utama adalah Kunashir, Iturup, dan Urup di selatan, serta Shumshu di utara. Pulau-pulau lain memiliki penduduk yang sedikit (yaitu Paramushir) atau mungkin hanya sebagai tempat tinggal sementara untuk memancing atau berburu. Mungkin ada sedikit penduduk campuran Kuril–Itelmen di ujung selatan Semenanjung Kamchatka.

Ainu dari Kuril tampaknya merupakan ekspansi yang relatif baru yang berasal dari Hokkaido, menggantikan Kebudayaan Okhotsk, yang mungkin terkait dengan Suku Itelmen modern. Ketika Kepulauan Kuril dikuasai Jepang pada tahun 1875, banyak dari Suku Ainu Kuril dievakuasi ke Ust-Bolsheretsky di Kamchatka, di mana sekitar 100 orang masih tinggal. Dalam beberapa dasawarsa setelah pulau-pulau tersebut diserahkan ke Uni Soviet pada tahun 1945, sebagian besar Kuril Ainu selatan yang tersisa dievakuasi ke Hokkaido, lalu berasimilasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Kuril Ainu". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History.