Mordvin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mordvin Erzya dan Moksha
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Mordovia, Oblast Ryazan, Tatarstan, Oblast Ulyanovsk, Oblast Samara
Bahasa
Erzya, Moksha, Rusia, Tatar yang dituturkan oleh kelompok Qaratay
Agama
Mayoritas Ortodoks
(Gereja Ortodoks Rusia)
Juga menganut agama asli Mordvin, Lutheranisme, Molokans dan Jumper[1]
Kelompok etnis terkait
Mari; orang-orang Finn lainnya

Mordvin, Mordva, Mordvinia, atau Mordovia (bahasa Erzya: эрзят/erźat, bahasa Moksha: мокшет/mokšet, bahasa Tatar: мухшилар/muxşilar, bahasa Rusia: мордва/mordva; untuk Qaratai: bahasa Rusia: каратаи/karatayi) adalah suku bangsa yang menuturkan bahasa Mordvinik (yang tergolong dalam rumpun bahasa Uralik) dan menetap di wilayah Republik Mordovia dan kawasan Sungai Volga pertengahan di Rusia.[2]

Suku bangsa Mordvin merupakan salah satu penduduk asli di Rusia. Mereka menganggap diri mereka sebagai kelompok-kelompok yang terpisah:[2] Erzya dan Moksha, serta kelompok yang lebih kecil yang disebut Qaratay, Teryukhan dan Tengushev (atau Shoksha). Orang-orang Mordvin telah mengalami rusifikasi atau turkifikasi pada abad ke-19 dan ke-20. Kurang dari sepertiga orang Mordvin dapat ditemui di Republik Mordovia; sisanya tersebar di Oblast Samara, Penza, Orenburg dan Nizhny Novgorod, serta di Tatarstan, Chuvashia, Bashkortostan, Asia Tengah, Siberia, Timur Jauh, Kazakhstan, Azerbaijan, Armenia dan Amerika Serikat.

Mordvin Erzya (bahasa Erzya: эрзят, Erzyat; juga dieja Erzia, Erza) yang menuturkan bahasa Erzya dan Mordvin Moksha (bahasa Moksha: мокшет, Mokshet) yang menuturkan bahasa Moksha merupakan dua kelompok besar Mordvin. Mordvin Qaratay menetap di Distrik Kama Tamağı di Tatarstan dan menuturkan bahasa Tatar, walaupun mereka masih menggunakan banyak kosa kata Mordvin (substratum). Orang-orang Mordvin Teryukhan yang tinggal di Oblast Nizhny Novgorod menjadi penutur bahasa Rusia pada abad ke-19. Teryukhan menggunakan istilah Mordva untuk menyebut kelompok mereka sendiri, sementara suku Mordvin Qaratay menyebut diri mereka Muksha. Sementara itu, orang Mordvin Tengushev dapat ditemui di wilayah Mordovia selatan.

Orang Erzyan barat juga disebut Shoksha (atau Shoksho). Mereka terisolasi dari orang-orang Erzyan lainnya dan bahasa mereka dipengaruhi oleh dialek Moksha.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]