Suku Khakas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Khakas
Тадарлар
Famous Khakas.jpg
Total populasi
80,000 (perk.)
Kawasan dengan populasi yang signifikan
Russia (terutama Khakassia)
 Russia 72,959[1]
 Ukraina 162[2]
 Tiongkok (Heilongjiang) about 1,500
Bahasa
Khakas, Rusia
Agama
Predominantly Ortodoks Rusia)
juga Syamanisme

Suku Khakas (Khakas: Тадарлар, Tadarlar) adalah salah satu kelompok etnik di Rusia yang berasal dari rumpun Turk. Suku Khakas sebagian besar tinggal di Khakassia, sebuah republik di Rusia yang terletak di lembah Sungai Yenisei di selatan Siberia. Bahasa asli mereka adalah bahasa Khakas. Jumlah mereka terus menurun lantaran asimilasi dengan etnis Rusia.

Suku Khakas merupakan keturunan suku kuno Kirgiz Yenisei yang juga menurunkan Bangsa Kirgiz modern. Pada waktu itu, sebagian Bangsa Kyrgyz Yenisei dideportasi ke Manchuria di timur laut Cina oleh Dinasti Qing.[3][4][5]

Nama[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, mereka menyebut diri mereka khongorai atau khoorai. Namun, kekaisaran Rusia yang menaklukan daerah itu pada abad ke-18 memakai nama Tatar untuk menyebut semua suku yang termasuk bangsa Turk di wilayah mereka. Akhirnya, mereka memakai nama Tadar dan kemudian Khaas. Khaas berarti manusia dan kata inilah yang berkembang menjadi Khakas yang kemudian diadopsi ke dalam bahasa Rusia.

Agama[sunting | sunting sumber]

Mayoritas suku Khakas menganut Ortodoks Rusia. Sisanya menganut Syamanisme dengan pengaruh Buddhisme Tibet. Meski demikian, praktik-praktik perdukunan tersebut juga masih diterapkan oleh orang-orang Kristen.

Referensi[sunting | sunting sumber]