Orang Enets

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suku Enets)
Enets
энцы
Jumlah populasi
c. 260
Daerah dengan populasi signifikan
Rusia Rusia227  (2010)[1]
 Ukraina26  (2001)[2]
Bahasa
Enets
Kelompok etnik terkait
Suku-suku Samoyedik lainnya

Suku Enets (Rusia: энцы, entsy; tunggal: энец, enets; juga dikenal dengan nama Yenetses, Entsy, Entsi, Yenisei atau Yenisey Samoyeds) adalah kelompok etnis Samoyedik yang tinggal di tepi timur hilir Sungai Yenisei. Mereka sebelumnya merupakan suku nomaden dan kini menetap di desa Potapovo di Krai Krasnoyarsk, Siberia barat (di dekat Lingkar Arktik). Menurut sensus tahun 2010, terdapat 227 orang Enets di Rusia.

Secara tradisional, mata pencaharian utama mereka adalah sebagai gembala rusa. Namun, pengelana Britania Colin Thubron mengunjungi desa Potapovo pada akhir tahun 1990-an dan mendapati bahwa suku Enets sudah mengalami dekulturalisasi dan demoralisasi. Banyak yang kecanduan alkohol, dan mata pencaharian mereka sebagai pemelihara rusa sangat terkena dampak hujan asam dari smelter nikel di Norilsk. Setengah penduduknya menganggur dan hanya sedikit yang menjadi gembala rusa di sisi barat sungai Yenisei. Sisanya menjadi nelayan di Sungai Yenisei.

Bahasa tradisional suku ini adalah bahasa Enets. Generasi tua masih menuturkan bahasa ini, tetapi anak-anak mudanya dididik dengan menggunakan bahasa Rusia, sehingga bahasa Enets pun terancam punah.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]