Medan Tembung, Medan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Medan Tembung
Peta Lokasi Kecamatan Medan Tembung Kota Medan.svg
Peta lokasi Kecamatan Medan TembungKecamatan Medan Tembung, Medan.jpg
Kantor Kecamatan Medan Tembung
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Utara
KotaMedan
Luas7.78 km²
Kepadatan17.898 jiwa/km²
Desa/kelurahan7
Gapura selamat datang di Kecamatan Tembung

Medan Tembung adalah salah satu dari 21 kecamatan yang ada di kota Medan, Sumatra Utara, Indonesia. Kecamatan Medan Tembung berbatasan dengan Medan Perjuangan di sebelah Barat, Kabupaten Deli Serdang di Timur, Medan Denai di Selatan, dan Kabupaten Deli Serdang di Utara. Pada tahun 2020, kecamatan ini mempunyai penduduk sebesar 139.349 jiwa dengan luas wilayah 7,78 km² dan kepadatan penduduknya adalah 17.898 jiwa/km².[1] Kecamatan Medan Tembung mempunyai banyak jenis usaha industri kecil seperti kerajinan rotan.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Msyarakat kota Medan dikenal sebagai kota yang memiliki keberagaman Suku, Agama, Ras dan Adat istiadat (SARA), demikian pula di kecamatan Medan Tembung. Ada empat suku mayoritas di kelurahan ini ialah Meayu Deli, Batak, Jawa, dan Tionghoa. Ada pula pendatang lain seperti Aceh, Minangkabau, India, Bugis, Nias, dan lainnya.

Bahasa yang digunakan pada umumnya adalah bahasa Indonesia dengan logat Medan, dan juga bahasa daerah termasuk Melayu, Batak, dan Mandarin. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik kota Medan tahun 2020 mencatat, pemeluk agama Islam sebanyak 71,18%, kemudian kristen 21,83% (Protestan 20,35% dan Katolik 1,48%), Budha 6,34% dan Hindu 0,65%.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Kecamatan Medan Tembung Dalam Angka 2020" (pdf). www.medankota.bps.go.id. Diakses tanggal 4 Oktober 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]