Kerajinan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perajin wayang kulit di Yogyakarta.

Kerajinan adalah hobi atau pekerjaan yang membutuhkan kemampuan dan pengetahuan tertentu untuk menciptakan karya secara terampil. Orang yang menggeluti bidang ini disebut perajin atau pengrajin, tetapi pada zaman sekarang banyak juga disebut sebagai artisan.

Pembagian[sunting | sunting sumber]

Daya cipta manusia memiliki tiga aspek penting, yakni seni, kerajinan dan ilmu pengetahuan. Kasarnya dapat dikatakan bahwa seni berlandaskan gerak hati atau ungkapan jiwa, dan kerajinan berlandaskan teknik dan ilmu terkini.

Kriya[sunting | sunting sumber]

Kriya atau kerajinan tangan adalah bagian utama dari kerajinan yang "tradisional". Karya jenis ini, baik memiliki fungsi langsung maupun hiasan, dibuat sepenuhnya menggunakan tangan atau hanya menggunakan peralatan sederhana. Biasanya istilah ini diterapkan pada cara pembuatan barang tradisional. Barang-barang yang diproduksi menggunakan mesin produksi massal bukanlah barang kriya.

Gerakan Seni dan Kriya[sunting | sunting sumber]

Istilah kerajinan (bahasa Inggris: crafts) sering digunakan untuk mendeskripsikan praktik dalam kelompok kesenian dekoratif yang secara tradisional berkaitan dengan produk yang memiliki fungsi (seperti bentuk patung dalam tradisi pembuatan guci) atau juga berkaitan dengan penggunaan bahan alami, seperti kayu, lempung, keramik, kaca, kain dan logam.