Matthias Corvinus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Matthias Corvinus
Raja Hungaria dan Kroasia
Berkuasa1458–1490
Penobatan29 April 1464
PendahuluLadislaus V
PenerusVladislaus II
WaliMihály Szilágyi (1458)
Raja Bohemia
dipertentangkan oleh Jiří dan Vladislaus II
Berkuasa1469–1490
PendahuluJiří
PenerusVladislaus II
Adipati Austria
dipertentangkan oleh Friedrich V
Berkuasa1487–1490
PendahuluFriedrich V
PenerusFriedrich V
Informasi pribadi
Kelahiran23 Februari 1443
Kolozsvár, Hungaria (kini Cluj-Napoca, Rumania)
Kematian6 April 1490(1490-04-06) (umur 47)
Wina, Austria
Pemakaman
WangsaHunyadi
AyahJános Hunyadi
IbuErzsébet Szilágyi
PasanganErzsébet Cillei
Katalin Podjebrád
Beatrix Aragóniai
AnakJános Corvinus
AgamaKatolik
Tanda tanganMatthias Corvinus

Matthias Corvinus, juga disebut Matthias I (Hongaria: Hunyadi Mátyás, Kroasia: Matija Korvin, bahasa Rumania: Matei Corvin, bahasa Slowakia: Matej Korvín, Ceska: Matyáš Korvín; lahir tanggal 23 Februari 1443 di Kolozsvár - meninggal 6 April 1490 di Wina), adalah Raja Hungaria dan Kroasia yang berkuasa dari tahun 1458 hingga 1490. Setelah melancarkan sejumlah kampanye militer, ia terpilih sebagai Raja Bohemia pada tahun 1469 dan mengambil gelar Adipati Austria pada tahun 1487. Ia adalah putra dari János Hunyadi, Wali Hungaria yang meninggal pada tahun 1456. Pada tahun 1457, Matthias dan kakaknya, Ladislaus Hunyadi, dijebloskan ke penjara atas perintah dari Raja Ladislaus V. Ladislaus Hunyadi dihukum mati, sehingga meletuslah pemberontakan yang memaksa Raja Ladislaus untuk melarikan diri dari Hungaria. Setelah sang raja meninggal dunia secara mendadak, paman Matthias, Mihály Szilágyi, berhasil meyakinkan para bangsawan untuk menyatakan Matthias sebagai raja pada tanggal 24 Januari 1458. Matthias mulai berkuasa di bawah perwalian pamannya, tetapi dalam waktu dua minggu ia berhasil mengendalikan pemerintahan negara.

Pada masa kekuasaannya sebagai raja, Matthias mengobarkan perang melawan para tentara bayaran Ceko yang menguasai wilayah Felvidék (kini bagian dari Slowakia dan Hungaria Utara) dan juga melawan Kaisar Romawi Suci Friedrich III yang mengklaim Kerajaan Hungaria. Sementara itu, Kesultanan Utsmaniyah berhasil menaklukkan Serbia dan Bosnia, sehingga tidak ada lagi negara yang memisahkan Hungaria dengan Utsmaniyah di perbatasan selatan Hungaria. Matthias menyepakati perjanjian perdamaian dengan Friedrich III pada tahun 1463 dan mengakui hak Kaisar untuk menggunakan gelar Raja Hungaria. Kaisar mengembalikan Mahkota Suci Hungaria, yang kemudian secara resmi diletakan di atas kepala Matthias pada tanggal 29 April 1464. Pada tahun yang sama, Matthias menyerbu wilayah-wilayah yang baru saja diduduki Utsmaniyah dan merebut benteng-benteng di Bosnia. Ia kemudian mulai sadar bahwa ia tidak akan mendapatkan banyak bantuan dari negara-negara Kristen, sehingga ia memutuskan untuk menghentikan kebijakan anti-Utsmaniyahnya.

Matthias memberlakukan pajak baru dan secara berkala juga memungut pajak luar biasa. Akibatnya, meletus pemberontakan di wilayah Transilvania pada tahun 1467, tetapi ia mampu memadamkan pemberontakan tersebut. Pada tahun berikutnya, ia menyatakan perang melawan Jiří dari Poděbrady, Raja Hussite di Bohemia, dan kemudian Matthias berhasil menaklukan wilayah Moravia, Schlesien, dan Lausitz, tetapi ia tidak dapat menduduki wilayah Bohemia. Para bangsawan Katolik menyatakan Matthias sebagai Raja Bohemia pada tanggal 3 Mei 1469, tetapi para bangsawan Hussite menolak tunduk kepadanya bahkan setelah Jiří dari Poděbrady menjemput ajalnya pada tahun 1471. Mereka malah memilih Vladislaus Jagiellon (anak laki-laki sulung Kazimierz IV Jagiellon) sebagai raja. Sejumlah wali gereja dan bangsawan Hungaria menawarkan takhta Hungaria kepada adik Vladislaus, Kazimierz, tetapi Matthias mampu mengalahkan pemberontakan mereka. Setelah berhasil menghalau pasukan gabungan Kazimierz IV dan Vladislaus di Breslau, Schlesien, pada akhir tahun 1474, Matthias berbalik menghadapi pasukan Utsmaniyah yang telah menghancurkan wilayah timur Hungaria. Ia mengirim bala bantuan kepada Pangeran Moldavia Stefan yang Agung, alhasil Stefan berhasil memukul mundur serangan-serangan Utsmaniyah pada akhir dasawarsa 1470-an. Pada tahun 1476, Matthias berhasil merebut Šabac yang merupakan benteng perbatasan Utsmaniyah. Ia menyepakati perjanjian perdamaian dengan Vladislaus Jagiellon pada tahun 1478, dan perjanjian tersebut memastikan pembagian Tanah Mahkota Bohemia di antara mereka. Matthias lalu mengobarkan perang melawan Kaisar Friedrich dan menduduki wilayah Austria Hilir dari tahun 1482 hingga 1487.

Matthias mendirikan sebuah angkatan darat profesional yang disebut Angkatan Darat Hitam Hungaria. Ia juga merombak sistem kehakiman, mengurangi kekuasaan para bangsawan, dan meningkatkan jenjang karier orang-orang yang memiliki kemampuan dan bukan hanya karena mereka memiliki status sosial yang tinggi. Matthias mendukung perkembangan seni dan ilmu pengetahuan di negaranya; perpustakaannya yang disebut Bibliotheca Corviniana menjadi salah satu koleksi buku terbesar di Eropa. Pada masa pemerintahannya, Hungaria menjadi negara pertama yang menerima Renaisans dari Italia. Pada masanya, telah menyebar pula kisah "Matthias yang Adil", yaitu kisah tentang raja yang menyamar dan berkelana mengunjungi rakyatnya, sehingga ia masih menjadi tokoh pahlawan yang banyak dikenal dalam cerita rakyat Hungaria.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Kastil Hunyad, dimana Matthias dibesarkan
Tanda tangan dan stempel kerajaan

Matthias dilahirkan di Kolozsvár di dalam Kerajaan Hungaria (sekarang Cluj-Napoca, Rumania) di dalam sebuah rumah yang sekarang dikenal sebagai Rumah Hunyadi Mátyás. Ia merupakan putra kedua Hunyadi János, seorang jenderal Wallachia yang sukses asal (Rumania)[1] yang melayani Kerajaan Hungaria,[2] yang naik melalui ranking-ranking kaum bangsawan menjadi bupati Hungaria. Ibu Matthias adalah Erzsébet Szilágyi, dari sebuah keluarga ningrat Hungaria.

Salah satu guru-gurunya yang dikenal namanya adalah János Vitéz, uskup agung Nagyvárad (sekarang: Oradea), yang kemudian diangkat ke tingkat yang lebih tinggi, dan humanis Polandia Grzegorz dari Sanok. Selain belajar bahasa, ia berkenalan dengan sebagian besar orang-orang yang hidup di Eropa.[3] Latihan militernya diproses di depan mata ayahandanya, yang mulai diikutinya pada kampanye-kampanyenya ketika ia hanya berusia 12 tahun. Pada tahun 1453 ia ditunjuk sebagai Pangeran Beszterce, dan digelari kesatria di Pengepungan Belgrade pada tahun 1456.

Perawatan yang sama untuk kesejahteraan membuat ayahnya memilih calon pengatin untuknya dari keluarga yang berkuasa Pangeran Cilli. Matthias menikahi Elizabeth dari Celje. Ia satu-satunya putri Ulrik Celjski yang diketahui dan Catherine Cantakuzina. Eyang maternalnya adalah Đurađ Branković dan Jerina Branković. Namun Elizabeth yang lebih tua meninggal pada tanggal 6 Nopember 1455, sebelum pernikahan dilangsungkan, meninggalkan Matthias menjadi seorang duda pada usia 12 tahun.[4]

Setelah kematian Matthias, terdapat perselisihan selama 2 tahun di antara para baron Hungaria dan raja Habsburg, Ladislaus V, Raja Bohemia (juga Raja Bohemia), dengan pengkhianatan dari semua pihak. Kakanda Matthias László Hunyadi adalah salah seorang yang berupaya untuk mendapatkan kendali tersebut. Matthias diperangkap ke Buda oleh musuh-musuh istananya, dan, dengan dalih yang bersangkutan di dalam konspirasi murni khayalan terhadap László, dihukum pemenggalan kepala, namun diampuni karena masih muda. Pada tahun 1457, László Hunyadi ditangkap dengan sebuah jebakan dan dihukum penggal, ketika kematian raja yang mendadak pada bulan November pada tahun itu; isu diracuni yang terhalau oleh penelitian pada tahun 1985 yang memberikan akut Leukemia sebagai penyebab kematian. Matthias ditawan oleh Jiří dari Poděbrady, gubernur Bohemia, seorang sahabat Hunyadi yang bertujuan untuk mengangkat seorang raja nasional ke tahta Hungaria. Poděbrady memperlakukan Matthias dengan ramah tamah dan menjodohkannya dengan putrinya Catherine, namun masih menahannya, untuk jaminan, di Praha, bahkan setelah utusan Hungaria bergegas kesana untuk menawarkan pemuda itu mahkota. Matthias mengambil kesempatan memori yang ditinggalkan oleh akta ayahnya, dan oleh populasi umum yang tidak menyukai kadidat asing; terutama para baron, selanjutnya, mengingat bahwa sarjana muda akan menjadi penguasa yang lemah di dalam tangan mereka. Sebuah bagian yang berpengaruh dari tokoh terkemuka, yang dipimpin oleh Rhein Ladislaus Garai dan oleh Nikola Iločki, voivode dari Transilvania, yang terlibat di dalam pembunuhan judicial saudara Matthias, dan membenci Hunyadi sebagai orang kaya baru semi-asing, dengan keras menentang pemilihan Matthias; akan tetapi, mereka tidak cukup kuat melawan paman Matthias Mihály Szilágyi dan 15,000 orang veterannya.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan awal[sunting | sunting sumber]

Forint Matthias
Lambang dan Matthias muda seperti yang digambarkan di dalam naskah Jerman Johannes de Thurocz (1490)
Corvin János (Anak haramnya) kemenangan di Wina pada tahun 1485
Matthias Corvinus seperti yang digambarkan di dalam Chronica Hungarorum oleh Johannes de Thurocz
Lambang

Matthias berusia 15 tahun ketika ia terpilih sebagai Raja Hungaria: pada saat ini kerajaan dikelilingi oleh bahaya. Kesultanan Utsmaniyah dan Venesia mengancam dari selatan, Kaisar Friedrich III dari barat, dan Kazimierz IV Jagiellończyk dari utara, baik Friedrich dan Kazimierz menuntut tahta. Para prajurit upahan Ceko di bawah Giszkra memegang provinsi utara dan dari situ menjarah mereka di tengah. Sementara itu sahabat-sahabat Matthias telah bersitegang dengan pejabat yang bermusuhan dengan menarik untuk menikahi putri palatin Garai untuk calon mereka, sedangkan Matthias menolak untuk menikah ke dalam keluarga salah satu pembunuh saudaranya, dan pada tanggal 9 Februari menkonfirmasikan kontrak perjodohannya yang terdahulu dengan putri Poděbrady, yang tak lama setelah itu terpilih sebagai Raja Bohemia (2 Maret 1458). Di sepanjang tahun 1458 perselisihan antara raja muda dan para tokoh terkemuka, diperkuat oleh paman Matthias dan pengawal Szilágyi, menjadi akut. Namun Matthias, yang memulai dengan menggulingkan Garai dan memecat Szilágyi, dan kemudian melanjutkan dengan memungut pajak, tanpa persetujuan dari Kongres, untuk menyewa para prajurit upahan, dimenangkan dengan mudah. Ia memulihkan Benteng Golubac dari bangsa Turki, berhasil menyerang Serbia, dan menegaskan kembali dalam kekuasaan raja dari mahkota Hungaria atas Bosnia. Pada tahun berikutnya, ada pemberontakan segar, ketika Kaisar Friedrich sesungguhnya dimahkotai raja oleh rakyat yang tidak puas di Wina-Neustadt (4 Maret 1459); Namun Matthias mengusirnya keluar, dan Paus Pius II intervensi untuk membiarkan Matthias bebas untuk memproyeksikan perang salib melawan bangsa Turki, akan tetapi komplikasi politik berikutnya menjadi tidak mungkin. Pada tanggal 1 Mei 1461, pernikahan antara Matthias dan putri Poděbrady dilangsungkan.

Dari tahun 1461-1465 karier Matthias adalah perjuangan terus menerus yang diselingi oleh gencatan senjata. Setelah datang ke pemahaman dengan ayahnya-dalam Poděbrady-hukum, ia mampu mengubah tangannya terhadap kaisar Friedrich. Pada bulan April 1462 penguasa yang kemudian memulihkan mahkota suci untuk 60,000 ducat dan diijinkan untuk mempertahankan provinsi Hungaria tertentu dengan gelar raja; sebagai imbalan konsesi, diperas dari Matthias oleh perlunya mengatasi pemberontakan simultan dari liga Hungaria mulia dengan Poděbrady putra Victorinus, diakui Matthias sebagai kaisar Hungaria yang berdaulat sebenarnya. Hanya sekarang Matthias dapat berbalik melawan Turki, yang sekali lagi mengancam provinsi selatan. Ia memulainya dengan mengalahkan jenderal Turki Ali Pasha, dan kemudian merambah ke Bosnia, merebut benteng yang baru dibangun, Jajce setelah pertahanan yang panjang dan keras kepala (Desember 1463). Pada perjalanan pulang ia dimahkotai dengan Mahkota Suci pada tanggal 29 Maret 1464. 21 hari kemudian, pada tanggal 8 Maret, Ratu Catherine yang berusia 15 tahun ketika melahirkan. Bayi itu seorang putra, lahir mati.

Setelah mendorong Ceko keluar dari kadipaten utara, ia berbalik ke selatan lagi, kali ini memulihkan semua bagian Bosnia yang masih tetap di tangan bangsa Turki.

Perang di Eropa Tengah[sunting | sunting sumber]

Matthias mendapat kebebasan dan kekuasaan atas para baron dengan membagi mereka, dan dengan meningkatkan sejumlah pasukan besar kerajaan, fekete sereg (Tentara Hitam Hungaria Raja orang-orang upahan), yang pasukan utamanya termasuk sisa-sisa Hussite dari Bohemia. Pada saat ini Hungaria mencapai wilayah terbesarnya berkembang pada masa itu (pyang sekarang Jerman tenggara ke barat, Dalmatia ke selatan, Carpathia Timur ke timur, dan Polandia barat daya ke utara).

Selama selang antara perdamaian-perdamaian ini, Matthias, di dalam membela dirinya, sekali lagi berperang melawan kaisar, mengurangi Friedrich ke kondisi ekstremitas di mana ia dengan senang hati menerima perdamaian dengan kondisi apapun. Dengan penataan akhir yang dibuat di antara pangeran yang bersaing, Matthias mengakui Ladislaus sebagai raja Bohemia tepat sebagai imbalan atas penyerahan Moravia, Silesia dan Upper dan Lusatia Bawah, komponen bagian-bagian penguasa Bohemia, sampai ia seharusnya membebaskan mereka untuk 400,000 florin. Kaisar berjanji untuk membayar Matthias ganti rugi perang yang besar, dan mengakuinya sebagai raja Hungaria yang sah dengan pengertian bahwa ia harus menggantikannya jika ia meninggal tanpa keturunan laki-laki, sebuah kontingensi yang saat ini agak mustahil, karena Matthias, hanya tiga tahun sebelumnya (15 Desember 1476), menikahi istri ketiganya, Beatrice d'Aragona, putri Ferdinando I dari Napoli.

Kegagalan kaisar untuk mematuhi perjanjian tersebut membuat Matthias mengumumkan perang melawannya untuk yang ketiga kalinya pada tahun 1481. Raja Hungaria menguasai seluruh benteng di dalam domain turun temurun Friedrich. Akhirnya, pada tanggal 1 Juni 1485, dengan kepala 8,000 veteran, ia membuat entri kemenangan ke Wina, yang selanjutnya dibuat sebagai ibu kotanya. Stiria, Kärnten dan Carniola yang berikutnya ditundukkan; Trieste hanya diselamatkan oleh intervensi dari Venesia. Matthias menkonsolidasikan posisinya oleh aliansi-aliansi dengan adipati Sachsen dan Bayern, dengan Konfederasi Swiss dan Keuskupan Salzburg, selanjutnya menetapkan penguasa terbesar di Eropa tengah.

Perang melawan Kesultanan Utsmaniyah[sunting | sunting sumber]

Sketsa 50 tahun Matthias (seni pahat kontemporer dari kastil Buda)

Pada tahun 1471 Matthias memperbaharui Despotisme Serbia di Hungaria selatan di bawah Vuk Grgurević untuk proteksi perbatasan melawan bangsa Turki. Pada tahun 1479 sekelompok pasukan Turki yang besar, di dalam perjalanan pulang mereka dari menjarah Transilvania, ditumpas di Szászváros (modern Orăştie, 13 Oktober 1479) di lokasi yang sekarang disebut Pertempuran Breadfield. Tahun berikutnya Matthias menangkap kembali Jajce, mengusir bangsa Turki dari Serbia utara dan melembagakan dua banats militer baru, Jajce dan Srebernik, keluar dari wilayah Bosnia yang dikuasai kembali.

Pada tahun 1480, ketika pasukan bangsa Turki mengepung Otranto di dalam Kerajaan Napoli, pada permohonan sungguh-sungguh paus ia mengirim jenderal Hungaria, Balázs Magyar, untuk memulihkan benteng, yang menyerah padanya pada tanggal 10 Mei 1481. Lagi pada tahun 1488, Matthias mengambil Ancona di bawah perlindungannya untuk sementara, menempati sebuah garnisun Hungaria.

Kebijakan di Wallachia dan Moldavia[sunting | sunting sumber]

Pada saat Matthias memiliki Vlad Ţepeş, Pangeran Wallachia, sebagai budaknya. Meskipun Vlad memiliki sukses yang hebat melawan pasukan Kesultanan Utsmaniyah, kedua penguasa Kristen berselisih pada tahun 1462, membuat Matthias memenjarakan Vlad di Buda. Namun, dukungan yang luas dari banyak pemimpin Barat Vlad III Matias diminta untuk memberikan status istimewa secara bertahap untuk tahanan kontroversial. Vlad akhirnya dibebaskan dan menikahi sepupu Matthias, Ilona Szilágyi. Karena Kesultanan Utsmaniyah muncul sebagai ancaman seperti yang telah diperingatkan kepada Vlad Ţepeş, ia dikirim untuk menguasai kembali Wallachia dengan bantuan Hungaria pada tahun 1476. Meskipun perselisihan awal antara kedua pemimpin, pada akhirnya menjadi sebuah pukulan besar bagi status Hungaria di Wallachia ketika Vlad dibunuh pada tahun yang sama.

Pada tahun 1467, sebuah konflik terjadi antara Matthias dan Pangeran Moldavia Ștefan cel Mare, setelah penguasa yang kemudian menjadi lelah dengan kebijakan-kebijakan Hungaria di Wallachia dan kehadiran mereka di Kilia; tambahan dengan kenyataan bahwa Matthias telah berpihak di dalam konflik-konflik Moldavia mendahului pemerintahan Ștefan, karena ia bersandar pada Alexăndrel (dan, mungkin, pemimpin ditujukan sebagai Ciubăr Vodă), menggulingkan Petru III Aron. Ștefan menduduki Kilia, memicu pembalasan Hungaria, yang berakhir di dalam kekalahan pahit Matthias di dalam Pertempuran Baia di bulan Desember (Raja sendiri dikatakan terluka tiga kali).

Seni, ilmu pengetahuan, dan arsitektur[sunting | sunting sumber]

Lihat pula: Sejarah Kastil Buda dan Visegrád

Lambang Abad Pertengahan Matthias Corvinus, yang dijaga oleh pasukan infanteri berat Tentara Hitam. Gereja Matthias, Budapest. Relik seni yang rusak direnovasi pada tahun 1893.

Matthias dididik di dalam bahasa Italia, dan kekagumannya dengan prestasi Renaisans Italia mengarah ke promosi pengaruh kebudayaan Laut Tengah di Hungaria. Buda, Esztergom, Székesfehérvár dan Visegrád di antara kota-kota di Hungaria yang bermanfaat dari pendirian kesehatan masyarakat dan pendidikan dan sistem sah yang baru di bawah pemerintahan Matthias. Pada tahun 1465, ia mendirikan sebuah universitas di Pressburg (yang sekarang Bratislava, Slowakia), Universitas Istropolitana yang merupakan universitas ketiga di dalam Abad Pertengahan Hungaria. Pernikahan pada tahun 1476 dengan Beatrice, putri Raja Napoli, hanya diintesifkan pengaruh Renaisans.

Selama masa pemerintahan Sigismund, Kaisar Romawi Suci yang lama, Kastil Kerajaan Buda barangkali menjadi istana Gothik yang terbesar di akhir Abad Pertengahan. Matthias membangun kembali istana itu di awal gaya Renaisans dan mengembangkannya lebih lanjut. Tempat tinggal yang disukainya adalah istana musim panas Visegrád.[5][6]

Ia berusaha untuk berbicara bahasa ibunya dengan lancar. Selain asli Hungaria, ia berbicara bahasa Kroasia, Jerman dan Ceko juga Latin, Italia.

Perpustakaan Kerajaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan Matthias Corvinus, Bibliotheca Corviniana, adalah koleksi buku sekuler Eropa terhebat: riwayat-riwayat sejarah, filosofi dan karya-karya ilmiah di dalam abad ke-15. Perpustakaannya hanya nomor dua ukurannya dari Perpustakaan Vatikan.[7] Pada tahun 1489, Bartolomeo della Fonte of Florence menulis bahwa Lorenzo de Medici mendirikan perpustakaan Yunani-Latinnya sendiri didukung oleh contoh raja Hungaria. Kerapkali, setengah dari malam harinya dinikmati dengan membaca, setelah stres dari pekerjaaannya di sepanjang hari.[8]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Di dalam perjalanan ekspansinya, Matthias memperkuat diplomasi negaranya. Selain dari hubungan jaringan biasa dengan para tetangganya, juga Paus dan Kerajaan Napoli, ia mendirikan kontak biasa dengan Prancis, Bourgogne, Swiss, Firenze, kebanyakan negara-negara Jerman, Rusia dan, kadang-kadang, dengan Persia dan Mesir.

Kerajaan Matthias runtuh setelah kematiannya, karena ia tidak memiliki keturunan kecuali seorang anak haram, Corvin János, yang tidak diakui sebagai raja oleh para bangsawan di negara itu. Saingan Matthias sebagai Raja Bohemia, Władysław II Jagiellończyk dari Jagiellon, mengikutinya.

Pajak yang besar yang dibebankan kepada rakyat, untuk mempertahankan gaya hidup mewah Matthias dan Tentara Hitam (dijaga dengan fakta bahwa yang terakhir berlangsung perampokan di seluruh Britania setelah dibubarkan setelah kematian Matthias) bisa menyiratkan bahwa ia tidak terlalu populer dengan sezamannya. Tapi kenyataan bahwa ia terpilih sebagai raja di dalam revolusi populer kecil anti-Habsburg, yang membuatnya mencek para baron, rumor gigih tentang dirinya terdengar opini publik dengan berbaur di kalangan rakyat jelata incognito, dan periode kasar yang dikenal disaksikan oleh Hungaria kemudian memastikan bahwa pemerintahan Matthias 'dianggap sebagai salah satu bab yang paling mulia di sejarah Hungaria. Berbagai lagu dan dongeng ditujukan untuknya sebagai Hanya Matthias (Mátyás, az igazságos di dalam bahasa Hungaria), seorang penguasa keadilan dan kebijaksanaan yang agung, dan ia bisa dikatakan seorang pahlawan yang paling populer dari cerita rakyat Hungaria. Ada pepatah Hungaria yang masih digunakan sampai saat ini Matthias mati, keadilan berlalu (Meghalt Mátyás, oda az igazság). Ia juga merupakan salah satu dari raja-raja tidur, antara lain sebagai Kralj Matjaž di Slovenia.[9]

Popularitas ini tercermin sebagian di Rumania modern: abad ke-19 nasionalisme Romantik diinvestasikan di dalam asal Vlach Matthias dan ayahandanya, sikap Kristen prajurit mereka, dan prestasi budaya mereka.

Gelar[sunting | sunting sumber]

Gelar-gelarnya pada hukum-hukum pada tahun 1486: Raja Hungaria, Bohemia, Dalmasia, Kroasia, Rama, Serbia, Lodomeria, Cumania dan Bulgaria, Pangeran Silesia dan Luksemburg, Markgraf Moravia dan Lusatia [10]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press. 

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ János Hunyadi. (2010). In Encyclopædia Britannica. Retrieved August 10, 2010, from Encyclopædia Britannica Online: http://www.britannica.com/EBchecked/topic/277182/Janos-Hunyadi
  2. ^ Stanley Sandler, Ground warfare: an international encyclopedia, Volume 1, ABC-CLIO, 2002, p. 391 [1]
  3. ^ Charles William Russell, The life of Cardinal Mezzofanti: with an introductory memoir of eminent linguists, ancient and modern, Longman, Brown, and co., 1858, page 113.[2]
  4. ^ Ulrich II of Celje and his children in Medieval Lands by Charles Cawley
  5. ^ History section: Miklós Horler: Budapest műemlékei I, Bp: 1955, pp. 259–307
  6. ^ Post-war reconstruction: László Gerő: A helyreállított budai vár, Bp, 1980, pp. 11–60.
  7. ^ Marcus Tanner, The Raven King: Matthias Corvinus and the Fate of his Lost Library (New Haven: Yale U.P., 2008)
  8. ^ http://www.1911encyclopedia.org/Hunyadi_Matthias_I
  9. ^ Lukács, István. 2010. King Matthias Corvinus in the Collective Memory of the Slovenian Nation. Studia Slavica 55(2): 371–379.
  10. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-19. Diakses tanggal 2011-05-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Matthias Corvinus
Lahir: 23 Februari 1443 Meninggal: 6 April 1490
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Ladislaus V, Raja Bohemia
Raja Hungaria
1458–1490
Diteruskan oleh:
Władysław II Jagiellończyk
Didahului oleh:
Jiří dari Poděbrady
Raja Bohemia
(diragukan)
1469–1490