Lausitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Letak Lausitz di Eropa Tengah

Lausitz (Inggris: Lusatia) adalah sebuah daerah di Jerman dan Polandia. Daerah ini mencakup sebelah selatan Brandenburg dan sebelah timur Sachsen serta beberapa bagian Silesia Hilir dan Lebus di Polandia. Lausitz dibagi dari utara ke selatan menjadi Lausitz Hilir, Lausitz Hulu dan Pegunungan Lausitz. Dari Pegunungan Lausitz yang masuk ke wilayah Jerman hanyalah daerah yang disebut sebagai Pegunungan Zittau. Sementara itu Sungai Neisse Lausitz dewasa ini membentuk perbatasan antara Jerman dan Polandia. Lausitz adalah wilayah asal suku bangsa Sorbia yang menuturkan bahasa Sorbia.


Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama Lausitz berasal dari bahasa Slavik yang artinya kurang lebih ladang lembap atau basah. Daerah ini dalam bahasa Sorbia Hilir disebut Łužyca, Sorbia Hulu Łužica, Polandia Łużyce dan Ceko Lužice. Pada tahun 1005 masih disebut Luzici yang berasal dari bahasa Slavia luzicy yang artika tanah rawa rendah.[1] Dalam bahasa Latin Lausitz disebut sebagai Lusatia, dan bentuk inilah nama kawasan ini dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa-bahasa Roman bentuk dasarnya adalah Lusatia, jadi menggunakan vokal tunggal "u" dan bukan vokal ganda "au" seperti dalam bahasa Jerman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kreil: Amtsbereich Friesack – Streifzüge durch Ländchen und Luch –. Geiger-Verlag, 1996, S. 12/13, ISBN 3-89570-131-9