Voivode

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Voivode Meshcherinov Menghentikan Pemberontakan Solovki. Lubok yang digambar tangan pada awal abad ke-XIX, dihubungkan dengan Mikhail Grigoriev.

Voivode (/ˈvɔɪˌvd/, juga dieja Voievod, Voivoda, Vojvoda atau Wojewoda) merupakan gelar yang menunjukkan "pemimpin militer" atau "panglima perang" di Eropa Tengah, Tenggara dan Timur sejak Abad Pertengahan Awal. Selama Kekaisaran Romawi Timur voivode merujuk pada komandan militer terutama dari populasi berbahasa Slavia.

Istilah Voivode berasal dari dua akar, kata pertama; voi berhubungan dengan berperang, kata kedua; vod berarti memimpin dalam bahasa Slavonik Kuno, sama-sama menunjukkan "pemimpin perang" atau "panglima perang". Terjemahan Bahasa Latin comes palatinus untuk komandan utama pasukan militer, mewakili pemimpin monarki. Pada Slavia awal, vojevoda berarti bellidux, pemimpin militer dalam pertempuran. Istilah ini juga menyebar ke bahasa yang bukan Slavia, di daerah-daerah yang dipengaruhi oleh Slavia, seperti Rumania, Hungaria dan Albania.

Selama Kekaisaran Romawi Timur voivode merujuk pada komandan militer terutama dari populasi berbahasa Slavia, terutama di Balkan, Kekaisaran Bulgaria menjadi negara Slavia pertama yang didirikan permanen di wilayah tersebut. Gelar voevodas (Yunani: βοεβόδας) awalnya muncul dalam karya Kaisar Romawi Timur abad ke-X, Konstantinus VII, De Administrando Imperio, mengacu pada para pemimpin Hungaria.[1][2]

Gelar tersebut digunakan pada abad pertengahan: Bohemia, Bosnia, Bulgaria, Kroasia, Yunani, Hungaria, Makedonia, Moldavia, Polandia, Rügen, Kekaisaran Rusia, Ukraina, Serbia, Transilvania dan Wallachia.[3][1] Pada Abad Pertengahan Akhir terjemahan Bahasa Latin voivode adalah comes palatinus untuk komandan utama kekuatan militer, mewakili raja dan secara bertahap menjadi gelar gubernur teritorial di wilayah-wilayah Polandia, Hungaria, Ceko dan Balkan.[4]

Selama pemerintahan Utsmaniyah Yunani, Voivode Utsmaniyah Athena tinggal di Gimnasium kuno Hadrianus.[5] Provinsi otonom Vojvodina berasal dari Vojvodina Serbia, dengan Stevan Šupljikac sebagai Vojvoda atau Adipati, yang kemudian menjadi Serbische Woiwodschaft.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Starchenko, N.P. Voivode. Encyclopedia of the History of Ukraine
  2. ^ M. Kokolakis, “Mia autokratoria se krisi, Kratiki organosi-Palaioi Thesmoi-nees prosarmoges” [An Empire in Crisis: State Organization – Old Institutions – New Adjustments], in Istoria tou neou ellinismou, Vol. 1, publ. Ellinika Grammata, Athens 2003, p. 49.
  3. ^ "Der Minnesänger Wizlaw III. von Rügen". wizlaw.de. 
  4. ^ Konstantin Jireček; Vatroslav Jagić (1912). Staat und gesellschaft im mittelalterlichen Serbien: studien zur kulturgeschichte des 13.-15. jahrhunderts. In Kommission bei Alfred Hölder. 
  5. ^ Karl Baedeker (Firm) (1896). Athens and Its Immediate Environs. Baedeker. hlm. 49. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Voivode". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press.