Władysław III dari Polandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Władysław III
Toruń - Władysław III.(2).jpg
Raja Polandia
Berkuasa 1434–1444
Penobatan 25 Juli 1434, Katedral Wawel
Pendahulu Władysław II Jagiełło
Pengganti Interregnum (1444–1447)
Kazimierz IV Jagiellon (1447)
Raja Hongaria dan Kroasia
Berkuasa 1440–1444
Penobatan 15 Mei 1440 di Visegrád
Pendahulu Albrecht
Pengganti Ladislaus V, Raja Bohemia
Lahir (1424-10-31)31 Oktober 1424
Kraków, Polandia
Wafat 10 November 1444(1444-11-10) (umur 20)
Varna, yang sekarang Bulgaria
Dynasty Wangsa Jagiellon
Ayah Władysław II Jagiełło
Ibu Sofija Alšėniškė

Władysław III (31 Oktober 1424 – 10 November 1444), juga dikenal sebagai Władysław dari Varna, merupakan seorang Raja Polandia dari tahun 1434, dan Raja Hongaria dan Kroasia dari tahun 1440, sampai kematiannya di Pertempuran Varna.[1]

Władysław III dari Varna dikenal di dalam Bahasa Hongaria sebagai I. Ulászló; di dalam Bahasa Polandia sebagai Władysław Warneńczyk; di dalam Bahasa Slowakia sebagai Vladislav I; di dalam Bahasa Ceska sebagai Vladislav Varnenčík; di dalam Bahasa Bulgaria sebagai Владислав Варненчик (Vladislav Varnenchik); di dalam Bahasa Lituavi sebagai Vladislovas III; di dalam Bahasa Kroasia sebagai Vladislav I. Jagelović.

"Raja Polandia" di dalam baju besi turmanen. Miniatur dari Armorial equestre de la Toison d'Or, yang dibuat pada sekitar tahun 1435, di masa pemerintahan Władysław III.

Władysław adalah putra kelahiran pertama Władysław II Jagiełło dan Sofija Alšėniškė. Ia naik takhta pada usia sepuluh tahun dan langsung dikelilingi oleh sekelompok penasihat yang dipimpin oleh Kardinal Zbigniew Oleśnicki, yang ingin terus menikmati statusnya yang tinggi di istana. Meskipun demikian, penguasa muda dan ibundanya yang ambisius menyadari bahwa terdapat penolakan terhadap mereka. Meskipun kesepakatan yang ditandatangani di antara Władysław II dan Magnas Polandia untuk memastikan suksesi bagi putra-putranya, oposisi menginginkan calon lain untuk takhta Polandia: Friedrich II dari Brandenburg, yang dijodohkan dengan Jadwiga, putri Jagiełło oleh istri keduanya. Namun persekongkolan itu diatasi dengan meninggalnya sang putri, yang dikabarkan telah diracuni oleh Ratu Sophia.

Władysław III di Pertempuran Varna, oleh Jan Matejko

Władysław III tidak memiliki keturunan dan tidak menikah. Kronikus Jan Długosz, yang dikenal antipati terhadap raja dan ayahandanya, menuduh bahwa ada sesuatu yang tidak biasa mengenai seksualitas Władysław, meskipun Długosz tidak menentukan apa yang: "terlalu tunduk pada keinginan jasmaninya (...) ia tidak meninggalkannya kebiasaan cabul dan tercela" (Bahasa Polandia: "zbyt chuciom cielesnym podległy (...) nie porzucał wcale swych sprośnych i obrzydłych nałogów").[2] Władysław berhasil di Kerajaan Polandia oleh adiknya, Adipati Kazimierz IV dari Lithuania, pada tahun 1447, setelah Interregnum selama tiga tahun. Di Hongaria ia digantikan oleh mantan saingannya, raja bocah Ladislaus V, Raja Bohemia.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]
  2. ^ Jan Długosz: Roczniki, czyli kroniki sławnego Królestwa Polskiego, vol. XII, page 685

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • K. Łukasiewicz, Władysław Warneńczyk, Krzyżacy i Kawaler Św Katarzyny, Warszawa 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Władysław III dari Polandia
Lahir: 31 Oktober 1424 Wafat: 10 November 1444
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Władysław II
Raja Polandia
1434–1444
Diteruskan oleh:
Kazimierz IV
Didahului oleh:
Albrecht
Raja Hongaria dan Kroasia
ditentang oleh Ladislaus V

1440–1444
Diteruskan oleh:
Ladislaus V

Lihat pula[sunting | sunting sumber]