Lapangan Udara Nagoya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nagoya Airfield

名古屋飛行場

Nagoya Hikōjō
Informasi
JenisPublic
LokasiKomaki
Ketinggian dpl mdpl
Peta
RJNA di Jepang
RJNA
RJNA
Location in Japan
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
m kaki
16/34 2,740 9 Aspal concrete
Source: Japanese AIP at AIS Japan[1]
Airport Diagram

Lapangan Udara Nagoya (名古屋飛行場, Nagoya Hikōjō) adalah sebuah bandar udara yang terletak dalam wilayah pemerintahan Toyoyama, Komaki, Kasugai dan Nagoya di Prefektur Aichi, Jepang. Bandara ini dahulu merupakan bandara internasional, tetapi sejak Bandar Udara Internasional Chubu Centrair dibuka pada 17 Februari 2005 bandara ini menjadi bandara domestik. Sebelum Centrair dibuka, bandara ini bernama Bandar Udara Nagoya (名古屋空港, Nagoya Kūkō) dan juga disebut Bandar Udara Komaki (小牧空港, Komaki Kūkō).

Bandara ini dibuka pada tahun 1944 sebagai bandara militer dengan nama Lapangan Udara Komaki. Penerbangan sipil dimulai pada Maret 1952. Pada 1 April 1960 namanya resmi berubah menjadi Bandar Udara Nagoya. Saat ini, satu-satunya perusahaan dengan penerbangan berjadwal yang menggunakan bandara ini adalah J-Air. Selain itu, bandara ini juga digunakan untuk penerbangan umum dan sebagai pangkalan udara militer. Kode IATA-nya NKM (dahulu NGO, kini digunakan Centrair) sedangkan kode ICAO-nya adalah RJNN. Bandara ini memiliki sebuah runway sepanjang 2.740 meter.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Maurer, Maurer (1983). Air Force Combat Units Of World War II. Maxwell AFB, Alabama: Office of Air Force History. ISBN 0-89201-092-4.
  • Ravenstein, Charles A. (1984). Air Force Combat Wings Lineage and Honors Histories 1947–1977. Maxwell AFB, Alabama: Office of Air Force History. ISBN 0-912799-12-9.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]