Bandar Udara Nagasaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bandar Udara Nagasaki
長崎空港

長崎空港

Nagasaki Kūkō
Informasi
JenisMiliter/Publik
PengelolaBiro Penerbangan Sipil
MelayaniNagasaki, Jepang
LokasiŌmura, Nagasaki
Ketinggian dpl mdpl
Peta
RJFU di Jepang
RJFU
RJFU
Lokasi bandara di peta
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
m kaki
14/32 3,000 10 Aspal/beton
18/36 1,200 4 Aspal/beton

Bandar Udara Nagasaki (長崎空港, Nagasaki Kūkō) (IATA: NGSICAO: RJFU)[1] merupakan sebuah bandar udara (bandara) yang terletak 4 km di sebelah barat stasiun kereta api di kota Ōmura; dan 18 km sebelah barat laut Stasiun Kereta Api Nagasaki, di kota Nagasaki, Prefektur Nagasaki, Jepang.

Terminal bandar udara dan landasan pacu arah 14/32 terletak di pulau terpisah, sedangkan landasan pacu pendek arah 18/36 yang sekarang digunakan oleh Angkatan Laut Bela Diri Jepang yang dikhususkan untuk helikopter terletak di pulau utama. Panjang landasan pacu utama bandar udara ini adalah 3.000 meter, sedangkan landasan pacu lainnya memiliki panjang 1.326 meter.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1923, bandara ini dibuka khusus untuk kepentingan penerbangan militer. Pada tahun 1955, bandara ini memulai penerbangan sipil bersama sebagai Bandar Udara Omura (大村空港, Ōmura kūkō).

Landasan pacu dan terminal bandar udaranya dibuka kepada publik pada tanggal 1 Mei 1975. Walaupun Bandar Udara Nagasaki hampir mirip dengan bandar udara lain di pulau Jepang lainnya seperti Bandar Udara Internasional Kansai, Bandar Udara Kobe, Bandar Udara Kitakyushu, dan Bandar Udara Internasional Centrair Chubu, pulau Nagasaki memiliki bentuk yang berbeda sebelum bandar udara ini dibangun. Pembangunan Bandar Udara Nagasaki membutuhkan perataan bukit-bukit di Nagasaki dan membutuhkan penimbunan lagi di sekitar pantai Nagasaki seluas 1,54 km2.

Kecelakaan penerbangan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 9 Februari 1996, sebuah pesawat bertipe Pilatus Britten-Norman BN-2B-20 Islander dengan nomor registrasi JA5322 mengalami kecelakaan dalam perjalanan ke bandar udara ini.[2] Pesawat milik Nagasaki Airways ini berangkat dari Bandar Udara Fukuoka pada pukul 12.52 waktu setempat menuju Nagasaki.[2] Dalam perjalanannya, pesawat ini berhadapan dengan cuaca salju yang lebat. Pilot yang memimpin penerbangan ini tiba-tiba melihat sebuah punggung bukit di depannya dan berusaha untuk menghindarinya. Namun, pesawat yang ia kemudikan jatuh ke barisan pepohonan di Puncak Takami.[2] Menurut laporan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Nagasaki Airport". world-airport-codes.com (dalam bahasa bahasa Inggris). World Airport Codes. Diakses tanggal 16 November 2015. 
  2. ^ a b c d "ASN Aircraft accident Pilatus Britten-Norman BN-2B-20 Islander JA5322 Kawatana". aviation-safety.net (dalam bahasa bahasa Inggris). Aviation Safety Network. Diakses tanggal 16 November 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]