Bandar Udara Konan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bandar Udara Konan

岡南飛行場

Kōnan Hikōjō
Kounan airport 1.JPG
Tower pengatur lalu lintas udara di Bandar Udara Konan (2008)
Informasi
JenisPublik
PengelolaPrefektur Okayama
LokasiOkayama, Jepang
Ketinggian dpl3 kaki / 1 m
Peta
RJBK berlokasi di Japan
RJBK
RJBK
Titik lokasi di peta
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
m kaki
09/27 1.200 3.937 Aspal

Bandar Udara Konan (岡南飛行場, Kōnan Hikōjō) (ICAO: RJBK)[1] adalah bandar udara publik yang terletak sejauh 8 kilometer ke selatan dari Stasiun Okayama di Minami-ku, Okayama, Prefektur Okayama, Jepang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bandar udara ini dibuka pada tanggal 13 Oktober 1962 dengan nama awal Bandar Udara Okayama. Pada saat itu, All Nippon Airways dan Toa Domestic Airlines merupakan maskapai yang pertama sekali menggunakan fasilitas bandar udara tersebut. Namun, pesawat jet tidak dapat beroperasi di bandar udara ini disebabkan panjang landas pacu tidak cukup handal untuk digunakan. Pesawat terbesar yang dapat beroperasi di sini adalah NAMC YS-11.

Pada tanggal 11 Maret 1988, bandar udara ini dikhususkan untuk melayani pesawat kecil dan penerbangan semula dipindahkan ke Bandar Udara Okayama.

Insiden dan kecelakaan[sunting | sunting sumber]

Sebuah pesawat pribadi tergelincir saat mendarat di Bandar Udara Konan pada tanggal 10 Juni 2015.[2] Pesawat yang berangkat dari Tokyo tersebut tidak dapat berhenti sebelum ujung landas pacu sehingga terjatuh ke sebuah danau. Pihak kepolisian telah menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut melalui pilot dan satu-satunya penumpang pesawat yang selamat.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Konan Airport Airport Code". airportcodes.aero (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 25 Desember 2015. 
  2. ^ "航空事故/航空重大インシデントの概要". mlit.go.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 25 Desember 2015. 
  3. ^ "Plane overshoots runway, goes into lake in Okayama". japantoday.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Japan Today. 11 Juni 2015. Diakses tanggal 25 Desember 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]