Bandar Udara Misawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bandar Udara Misawa
三沢飛行場
Misawa Airport Misawa Aomori pref Japan04n.jpg
Bangunan Terminal Bandar Udara Misawa (2012)
Informasi
JenisPublik
PemilikKementerian Lahan, Infrastruktur, dan Perhubungan Jepang
PengelolaMisawa Airport Terminal Co., Ltd.
LokasiMisawa, Aomori, Jepang
Ketinggian dpl119 kaki / 36 m
Peta
RJSM berlokasi di Japan
RJSM
RJSM
Titik lokasi di peta Jepang
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
m kaki
10/28 3.048 10.000 Aspal beton

Bandar Udara Misawa (三沢飛行場, Misawa Hikōjō) (IATA: MSJICAO: RJSM)[1] merupakan sebuah bandar udara di Misawa, sebuah kota di Prefektur Aomori, Jepang. Bandar udara ini juga digunakan oleh pihak militer sehingga fasilitas dan kode bandar udara yang dimiliki oleh Bandar Udara Misawa dan Pangkalan Udara Misawa sama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1941, Angkatan Laut Imperial Jepang membangun sebuah pangkalan udara di Misawa, dan di dekat Danau Ogawara mereka berlatih untuk penyerangan Pearl Harbor. Namun, pada tahun 1945, pangkalan udara ini dihancurkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dan ditempati oleh Amerika Serikat pada akhir Perang Dunia II. Bandar Udara Misawa pertama dibuka pada tanggal 11 Januari 1952. Japan Airlines membuka penerbangan rutin ke Tokyo dan Hokkaido. Karena adanya tekanan dari Amerika Serikat, penerbangan tersebut dihentikan sejak tanggal 31 Maret 1965, lalu dialihkan ke Pangkalan Udara Hachinohe JMSDF. Bandar udara ini kembali dibuka pada tahun 1975, dengan penyempurnaan bangunan terminal penumpang pada tahun 1977. Pembangunan dan renovasi kembali dilakukan dan selesai pada tahun 1986.

Toa Airways memulai penerbangan ke Tokyo, Sapporo, dan Osaka dengan menggunakan pesawat berjenis McDonnell Douglas DC-9 dan MD-80. Lalu, pada tahun 1988, pesawat tersebut diganti dengan Airbus A300 setelah Toa Airways menjadi Japan Air System. Setelah diakuisisi pada tahun 2002, penerbangan tersebut diambil alih oleh Japan Airlines. Dengan hadirnya Shinkansen Tōhoku menuju Hachinohe pada akhir tahun 2002, jumlah penumpang menurun dan pesawat yang digunakan diganti kembali menjadi McDonnell Douglas MD-80. Penerbangan ke Sapporo akhirnya dihentikan pada tahun 2007.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Bangunan terminal penumpang memiliki tiga lantai. Lantai pertama digunakan untuk pendaftaran tiket (check in), pengambilan bagasi penumpang kedatangan, dan loket penyewaan mobil. Lantai kedua digunakan untuk ruang tunggu keberangkatan. Lantai ketiga digunakan untuk dek observasi.[2]

Landas pacu bandar udara ini memiliki dimensi 3.048 × 45 meter dengan arah 103° dan 283°, dengan permukaan aspal beton.[3]

Transportasi umum dari Bandar Udara Misawa hanya tersedia moda transportasi bus. Bus tersebut umumnya berhenti di Hachinohe, Stasiun Misawa, dan Balai Kota Misawa.[4]

Maskapai dan rute penerbangan[sunting | sunting sumber]

MaskapaiTujuan
Japan Airlines Tokyo-Haneda[5]
Japan Airlines, dioperasikan oleh J-Air Osaka-Itami,[5] Sapporo-Chitose[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Misawa Air Base - Japan". world-airport-codes.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 29 Desember 2015. 
  2. ^ "Airport Guide". misawa-airport.co.jp (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 29 Desember 2015. 
  3. ^ "RJSM - Misawa Airport". skyvector.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 29 Desember 2015. 
  4. ^ "Airport Bus Terminal". misawa-airport.co.jp (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 29 Desember 2015. 
  5. ^ a b c "フライト情報" [Jadwal penerbangan]. misawa-airport.co.jp (dalam bahasa bahasa Jepang). Diakses tanggal 29 Desember 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]