Kue keju Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cheesecake Jepang
Jepang: スフレチーズケーキ
Kue keju Jepang ala souffle
Nama lainKue keju gaya Soufflé, kue keju katun, kue keju ringan
SajianMakanan penutup
Tempat asalJepang
Dibuat olehTomotaro Kuzuno
Bahan utamaKrim keju, mentega, gula, telur
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kue keju Jepang (Jepang: スフレチーズケーキ),[1] juga dikenal sebagai kue keju ala soufflé, kue keju katun,[2] atau light cheesecake, adalah variasi cheesecake yang biasanya lebih ringan teksturnya dan kurang manis dibandingkan kue keju gaya Amerika Utara. Teksturnya khas goyah dan lapang, mirip dengan souffle saat baru dikeluarkan dari oven dan tekstur seperti kue sifon saat dingin.

Resep ini dibuat oleh koki Jepang Tomotaro Kuzuno, yang terinspirasi oleh kue keju lokal käsekuchen (varian Jerman) selama perjalanan ke Berlin pada tahun 1960-an.[3][4][5] Ini kurang manis dan memiliki kalori lebih sedikit dibandingkan kue keju standar gaya Barat, mengandung lebih sedikit keju dan gula. Kue ini dibuat dengan krim keju, mentega, gula, dan telur. Mirip dengan kue sifon atau souffle, kue keju Jepang memiliki tekstur lembut yang dihasilkan dengan mengocok putih telur dan kuning telur secara terpisah. Secara tradisional dibuat di bain-marie.[2][6]

Kue keju Jepang

Kue ini merupakan hidangan khas Kue Keju Paman Tetsu, jaringan toko roti Jepang yang berasal dari Hakata-ku, Fukuoka, pada tahun 1947.[7][8] Kue keju Jepang Paman tetsu

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chen, Namiko (21 Januari 2021). "Japanese Cheesecake スフレチーズ ケーキ". Just One Cookbook. Diakses tanggal 18 Maret 2021. 
  2. ^ a b Williamson, Olivia (3 September 2015). "3 bahan kue keju kapas: mengapa begitu heboh?". The Daily Telegraph. Diakses tanggal 18 Maret 2021. 
  3. ^ "Japanese Cheesecake". TasteAtlas. Diakses tanggal 30 Januari 2021. 
  4. ^ Feldman, Paige (11 Juli 2018). news/203871/kue keju Jepang yang ringan dan lembut adalah makanan penutup musim panas/ "Kue Keju Jepang yang Ringan dan Lembut Adalah Hidangan Penutup Musim Panas" Periksa nilai |url= (bantuan). Chowhound (dalam bahasa Inggris). Red Ventures. 
  5. ^ Thompson, Jessica. "Sejarah Singkat Kue Keju Jepang". Metropolis Jepang. Japan Partnership Inc. 
  6. ^ Kamozawa, Aki; Talbot, H. Alexander. Kekuatan Tepung Bebas Gluten: Menghadirkan Makanan Favorit Anda Kembali ke Meja. ISBN 9780393243437 – via Google Buku. 
  7. ^ "Our Story". Paman Tetsu Kanada. Kue Keju Paman Tetsu. Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 November 2020. Diakses tanggal 18 Maret 2021. 
  8. ^ Yu, Douglas. "China's bakery industry at pivotal point: says national food association" Periksa nilai |url= (bantuan). Toko Roti dan Makanan Ringan. William Reed Business Media Ltd. Diakses tanggal 18 Maret 2021.