Kitab Dinasti Tang Lama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Kitab Dinasti Tang Lama[1] (Hanzi Sederhana: 旧唐书; Hanzi Tradisional: 舊唐書; Pinyin: Jiù Tángshū), atau Kitab Tang (Hanzi Sederhana: 唐书; Hanzi Tradisional: 唐書; Pinyin: Tángshū; Wade–Giles: T'ang-shu), adalah sebuah karya sejarah klasik pertama tentang Dinasti Tang, yang berisi 200 bab, dan merupakan salah satu dari Dua Puluh Empat Kanon Sejarah. Awalnya dikompilasikan pada zaman Lima Dinasti dan Sepuluh Kerajaan, kitab tersebut diteruskan oleh Kitab Dinasti Tang Baru yang dikompikasikan pada zaman dinasti Song.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Buku tersebut mulai dibuat ketika kaisar pendiri Jin Akhir Shi Jingtang memerintahkan pengkompilasiannya pada 941. Ketua penyunting aslinya adalah Zhao Ying (趙瑩), yang juga seorang kanselir. Namun, pada waktu penyelesaiannnya, Liu Xu menjadi kanselir dan mengambil alih pengerjaan organisasi tersebut; akibatnya, ia disebut sebagai ketua penyunting ketika karya tersebut dipersembahkan pada tahun 945 kepada Kaisar Chu dari Jin.

Sebagai karya sejarah resmi yang dikompilasikan secara relatif cepat, Kitab Dinasti Tang Lama adalah sebuah kompilasi tahunan awal, yang sekarang hilang; karya tersebut kemudian dimasukkan pada biografi dan monografi lainnya dengan digunakan sebagai sumber (untuk instansi) Tongdian dari Du You.[2] Sumber-sumber tersebut biasanya secara langsung menyalin dari catatan sejarah awal, dan akibatnya menuai kritik pada masa dinasti Song Utara; Kaisar Renzong dari Song, contohnya, yang menyebut buku tersebut 'kurang tertata, diisi dengan penjelasan yang tidak penting, membutuhkan gaya dan kurang terteliti'.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]