Protektorat Umum untuk Menenangkan Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Protektorat Umum untuk Menenangkan Timur merupakan sebuah pemerintahan militer yang didirikan di Pyongyang oleh Dinasti Tang Cina pada tahun 668. Pemerintahan tersebut memainkan peranan penting di dalam masa turbulen semenanjung pada akhir abad ke-7.

Protektorat Umum untuk Menenangkan Timur
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional: 安東都護府
Nama Korea
Hangul: 안동 도호부
Hanja: 安東都護府

Protektorat tersebut didirikan tak lama setelah pasukan kerajaan Goguryeo dan Silla dihancurkan oleh Tang. Protektorat tersebut dipimpin oleh jenderal Tang Xue rengui(薛仁貴). Tang mendirikannya bukan hanya untuk memerintah komander yang didirikan di atas wilayah-wilayah Goguryeo dan Baekje, tetapi juga untuk memerintah Silla itu sendiri.

Silla membalas dendamnya melawan dominasi Protektorat dengan membantu pemberontakan Geom Mojam di bagian utara, dan menyerang pasukan Protektorat di wilayah Baekje. Pada tahun 671 Silla merebut Kastil Sabi dari tangan Tang. Mereka menggulingkan pemerintahan boneka Buyeo Yung yang sebelumnya didirikan disana. Dengan marah, Tang mendeklarasikan adik laki-laki Raja Munmu menjadi pemimpin Silla yang sah, namun tidak dapat mengikuti pukulan simbolik kepada militer.

Pasukan Silla mengusir pasukan Protektorat dari Semenanjung Korea pada tahun 676. Ibukota Protektorat secara resmi di pindahkan ke bekas kota Goguryeo Shinseong, dimana ibukota tersebut melanjutkan pengawasan urusan-urusan pengungsian Goguryeo dan porsi-porsi atas wilayah Goguryeo. Raja Goguryeo yang telah digulingkan, Raja Bojang dijadikan "Raja Joseon" (Hangul : 요동주도독 조선왕 Hanja:遼東州都督朝鮮王) dan dibuat menjadi gubernur Protektorat. Kegiatan gigihnya di dalam membantu pemberontakan itu akhirnya mengakibatkannya di buang ke pengasingan, tetapi keturunan Bojang terus mengatur Protektorat selama beberapa generasi. Protektorat dari periode ini kadang disebut sebagai "Goguryeo Kecil" atau "Sedikit Goguryeo" (소고구려/小高句麗).

Lokal menjadi tidak tenang dan bertambahnya kekuasaan Balhae memaksa Protektorat untuk mengganti ibukota beberapa kali. Protektorat tersebut akhirnya dihapuskan pada tahun 756.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Secara administratif, dibentuk dengan maksud untuk mengawasi sembilan komander (Hangul :9도독부 Hanja: 九都督府), 42 prefektur (州) (kemudian diorganisasikan kembali menjadi 14) dan 100 kabupaten (縣).

Sembilan Komander[sunting | sunting sumber]

14 Prefektur (州)[sunting | sunting sumber]

Para Gubernur[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Lee, K.-b. (1984). A new history of Korea. Tr. by E.W. Wagner & E.J. Schulz, based on the Korean rev. ed. of 1979. Seoul: Ilchogak. ISBN 89-337-0204-0

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]