Daemon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jurik)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Daemon (Inggris: daemon) (IPA: /'deɪmən/ atau /'dimən/[1]) adalah program komputer yang berjalan di latar belakang (berlawanan dengan program yang dapat dikontrol langsung) yang melakukan beberapa tugas tanpa intervensi dari pengguna. Daemon pada umumnya dimulai pada saat proses pengebutan sebagai proses, seperti halnya perangkat lunak lainnya. Contoh dari daemon adalah telnet daemon, yang terus berjalan di latar belakang, dan menunggu permintaan koneksi dari pengguna klien telnet. Telah menjadi konsensus untuk memberi nama suatu daemon dengan nama yang diakhiri oleh huruf "d" (diambil dari huruf pertama daemon), contohnya syslogd, daemon yang menangani log sistem; sshd, daemon yang menangani koneksi SSH), dan juga HTTPd yang merupakan daemon yang menjawab permintaan dari klien yang dilakukan melalui peramban web.

Dalam lingkungan sistem operasi mirip-Unix, proses parent dari sebuah daemon adalah init (PPID=1). Daemon, pada umumnya menggunakan protokol Remote Procedure Call (RPC) untuk membuka koneksi dengan klien.

Windows[sunting | sunting sumber]

Dalam keluarga Windows, service memiliki konsep yang sama dengan daemon. Service berjalan sebagai sebuah proses, umumnya tidak berinteraksi dengan papan kunci, monitor dan tetikus, serta pada umumnya prosesnya dimulai pada saat pengebutan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Raymond, Eric. "Jargon File entry for daemon". The Jargon File. Diakses tanggal 11 Maret.