Jaksa penuntut umum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Hampir dalam setiap yurisdiksi hukum umum, jaksa penuntut umum (attorney general-AG) atau jaksa agung [1][2][3] (attorney-general) adalah penasihat hukum utama pemerintah, dan pada beberapa yurisdiksi mereka juga mungkin memiliki tanggung jawab eksekutif untuk menegakkan hukum, melakukan penuntutan, atau bahkan bertanggung jawab untuk urusan hukum secara umum. Dalam praktiknya, sejauh mana jaksa agung secara pribadi dapat memberi nasihat hukum kepada pemerintah bervariasi antar yurisdiksi, dan bahkan antar pejabat (officeholder) dalam yurisdiksi yang sama, selain itu sering pula bergantung pada tingkat pemegang jabatan tersebut sebelumnya di bidang hukum.

Ketika jaksa agung memiliki menteri yang bertanggung jawab untuk urusan hukum secara umum (seperti halnya, misalnya, Jaksa Agung Amerika Serikat atau Jaksa Agung Australia, dan masing-masing jaksa umum dari masing-masing negara), portofolio menteri tersebut sebagian besar setara dengan Menteri Kehakiman di beberapa negara lain.

Istilah ini awalnya digunakan untuk merujuk kepada setiap orang yang memegang surat kuasa umum (general power of attorney) untuk menyatakan aturan yang penting dalam segala hal. Dalam tradisi hukum umum (common law), siapapun yang mewakili pihak negara, terutama dalam penuntutan pidana, ialah bertindak sebagai seorang pengacara. Meskipun pemerintah dapat menunjuk beberapa pejabat sebagai jaksa agung permanen, siapa saja yang datang untuk mewakili negara dengan cara yang sama mungkin, di masa lalu, dapat pula disebut seperti itu, bahkan jika hanya untuk menangani kasus tertentu. Pada masa sekarang, namun demikian, istilah tersebut di sebagian besar yurisdiksi diperuntukkan sebagai gelar pada jaksa agung permanen yang ditunjuk negara, penguasa atau anggota lain dari keluarga kerajaan.

Yurisdiksi hukum perdata mempunyai bentuk kewenangan serupa, yang mungkin pada berbagai cara disebut sebagai "jaksa umum", "prokurator", "advokat utama", "pengacara publik", dan gelar-gelar lain. Sebagian dari bentuk kewenangan tersebut juga menggunakan istilah "jaksa penuntut umum" atau "jaksa agung" sebagai terjemahan dari bahasa Inggris untuk gelar-gelar tersebut, meskipun karena sejarah yang berbeda, sifat alami bentuk kewenangan itu pun biasanya berbeda-beda dari jaksa umum yang dimaksud dalam yurisdiksi hukum umum.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam hal etimologi dari istilah 'jaksa penuntut umum', Steven Pinker menulis bahwa kutipan paling awal dalam kamus bahasa Inggris Oxford (Oxford English Dictionary) ialah dari tahun 1292: "Tous attorneyz umum purrount tuas sirip et cirrographer" (Semua jaksa penuntut umum dapat memungut denda dan membuat dokumen-dokumen hukum).[4] Frase tersebut dipinjam dari bahasa Anglo-Norman ketika Inggris diperintah oleh Normandia setelah penaklukan Inggris di abad ke-sebelas. Sebagai variasi dari bahasa Prancis, yang diucapkan di pengadilan, sekolah, universitas, dan oleh para bangsawan dan borjuis, istilah yang berkaitan dengan pemerintah itu diperkenalkan ke dalam bahasa Inggris. Ungkapan jaksa penuntut umum (dalam bahasa Inggris: attorney general) terdiri atas kata benda yang diikuti oleh kata sifat, yakni umum, dan sebagaimana kata majemuk dari bahasa Prancis lainnya, bentuk jamak dari attorney general (dalam bahasa Inggris) ialah 'attorney generals'.[5][6] Dibandingkan dengan istilah 'major generals' (memiliki arti yang sama), istilah yang juga berasal dari bahasa Prancis ("major-général") dan juga memiliki/diikuti kata sifat, istilah tersebut juga muncul sebagai "attorney generals". Steven Pinker menulis: "Jadi jika pernah ditantang untuk mengatakan attorney-generals (jaksa agung), mother-in-laws (ibu mertua), passerbys (pejalan kaki) ... maka dapat dijawab, "Hal-hal tersebut merupakan model moderen dari major general (para penuntut)."

Jaksa agung dalam hukum umum dan yurisdiksi campuran[sunting | sunting sumber]

Jaksa agung dalam yurisdiksi hukum umum, dan wilayah hukum dengan sistem hukum yang sebagian berasal dari tradisi hukum umum, memiliki asal umum yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Collins English Dictionary
  2. ^ American Heritage Dictionary
  3. ^ Merriam-Webster Dictionary
  4. ^ Pinker, Steven (1999). Words and Rules: The Ingredients of Language (edisi ke-1st). New York, NY: Basic Books. hlm. 25, 28. ISBN 0-465-07269-0. Diakses tanggal 14 May 2017. 
  5. ^ "U.S. Attorneys Generals Protest Trump's Ban: Liberty Is Bedrock of Our Country". Haaretz.com. Diakses tanggal 14 May 2017. 
  6. ^ "Former Attorneys Generals at Work". New York Times. The New York Times Company. Diakses tanggal 14 May 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]