Simon orang Farisi: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
2 bita ditambahkan ,  11 bulan yang lalu
k
namun (di tengah kalimat) → tetapi
k (namun (di tengah kalimat) → tetapi)
 
:: Jawab Simon: "Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya."
:: Kata Yesus kepadanya: "Betul pendapatmu itu."
: Dan sambil berpaling kepada perempuan itu, Ia berkata kepada Simon: "Engkau lihat perempuan ini? Aku masuk ke rumahmu, namuntetapi engkau tidak memberikan Aku air untuk membasuh kaki-Ku, tetapi dia membasahi kaki-Ku dengan air mata dan menyekanya dengan rambutnya. Engkau tidak mencium Aku, tetapi sejak Aku masuk ia tiada henti-hentinya mencium kaki-Ku. Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."
:: Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni."
: Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: "Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?"
Bagian sebelumnya dari Injil Lukas berlangsung di [[Kapernaum]], dan di [[Nain, Galilea|Nain]], keduanya di [[Galilea]], sehingga diyakini Simon ini juga tinggal di Galilea.
 
Simon orang Farisi itu tidak disebutkan di bagian lain [[Injil|Injil kanonik]], namuntetapi ada kesamaan antara Simon dan [[Simon si kusta]] yang disebutkan dalam [[Injil Matius]] ({{Alkitab|Matius 26:6-13}}) dan [[Injil Markus]] ({{Alkitab|Markus 14:3-9}}), paling tidak, namanya sama. Karena kesamaan ini, upaya-upaya telah dilakukan untuk mengkaitkan peristiwa dan karakter keduanya, tetapi beberapa sarjana telah menunjukkan perbedaan antara dua peristiwa.<ref>"The Anointing of Jesus" [http://www.rationalchristianity.net/anointing.html The Anointing of Jesus]</ref> Penjelasan alternatif untuk kesamaan adalah bahwa pengurapan dalam Lukas 7 dan pengurapan di [[Betania (desa di Alkitab)|Betania]] ({{Alkitab|Matius 26:6, Markus 14:3, Yohanes 12:1}}) terjadi dengan beberapa peserta yang sama, tetapi beberapa tahun terpisah.<ref>Whittaker H.A. ''Studies in the Gospels,'' Cannock 1996</ref>
 
== Lihat pula ==
268.871

suntingan

Menu navigasi

Perkakas pribadi

Ruang nama

Varian

Lainnya

Bagikan