Mayotte: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
RobotQuistnix (bicara | kontrib)
k robot Adding: hu, tr
RobotQuistnix (bicara | kontrib)
k robot Adding: sk
Baris 69: Baris 69:
[[ro:Mayotte]]
[[ro:Mayotte]]
[[ru:Майотта]]
[[ru:Майотта]]
[[sk:Mayotte]]
[[sv:Mayotte]]
[[sv:Mayotte]]
[[tr:Mayotte]]
[[tr:Mayotte]]

Revisi per 17 Januari 2006 01.40

Berkas:Mayotte (Comoros) map.jpg
Peta Pulau Mayotte.

Mayotte adalah perkesekumpulan dari Perancis yang terletak di ujung utara selat Mozambik di Samudra Hindia, diantara Madagaskar Utara dan Mozambik Utara, di kepulauan Komoro. Dikenal juga sebagai Mahore, terutama bagi para pendukung dari inklusinya di Uni Komoro. Pulau ini mempunyai kode daerah internet top-level domain (ccTLD) .yt.

Sejarah

Mayotte diambil oleh Perancis beserta dengan pulau Komoro lainnya pada tahun 1643. Mayotte adalah satu satunya pulau di kepulauan yang meminta referendum pada tahun 1974 dan 1976 dan memperoleh kemerdekaan. Komoro terus mencoba mengklaim pulau ini dan sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB yang di dukung oleh 14 dari 15 anggota dewan juga mengakui kedaulatan Komoro atas Mayotte, tetapi Perancis memveto resolusi itu.

Situasi dari Mayotte sebenarnya juga menyusahkan Perancis: sementara kebanyakan penduduk lokal tidak ingi merdeka dari perancis dan bergabung dengan Komoro, beberapa negara mengkritikakan hubungan bekepanjangan antara Mayotte dengan Perancis. Lebih jauh lagi, peraturan administrasi lokal yang sebagia besar mengikuti aturan Muslim akan susah diintegrasikan dengan struktur legal Perancis, belum lagi biaya untuk menaikan standar kehidupan disana agar hampir sama dengan metropolitan di Perancis. Karena alasan tersebut, hukum yang dikeluarkan oleh Parlemen Nasional harus diperjelas apakah mereka juga berlaku di Mayotte atau tidak.

Status Mayotte berubah pada 2001 menuju status departemen-departmen di Perancis, walaupun pulau ini masih terus diklaim oleh Komoro. Perubahan ini disetujui 73% pada referendum di Mayotte.

Geografi

Pulau utamanya, Mahore (atau Terre Agung), seacara geologis ada yang tertua di Komoro. Dimensinya 39 km kali 22 km dan titik tertingginya sekitar 500 sampai 600 dibawah permukaan laut. Berkat batuan volkanik, tanahnya cukup subur di sebagian area. Sebuah terumbu karang yang mengelili pulau tersebut memberikan perlindungan bag kapal dan memberikan tempat tinggal untuk ikan.

Dzaoudzi adalah ibukota Komoro sampai 1962 dan sekarang adalah pusat administratif Mayotte. Terletak di Ile Pamanzi (atau Petit Terre). Dengan ukuran 10 km² Dazoudzi adalah pulau terbesar dari kepulauan kecil di dekat Mahoré.

Transportasi

Lihat pula

Pranala luar