Group of Ten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Group of Ten

Group of Ten atau G-10 mengacu pada kumpulan negara yang berpartisipasi dalam General Arrangements to Borrow (GAB), perjanjian yang memberikan Dana Moneter Internasional dana tambahan untuk meningkatkan nilai dana pinjaman.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

GAB dibentuk tahun 1962. Delapan negara anggota Dana Moneter Internasional (IMF) members—Belgia, Kanada, Perancis, Italia, Jepang, Belanda, Britania Raya, dan Amerika Serikat—dan bank sentral dua negara lainnya, Jerman dan Swedia, sepakat memasok $6 miliar kepada IMF.[1] Dana tambahan ini bertujuan meningkatkan kemampuan IMF untuk meminjamkan dananya.[1]

Pada tahun 1964, dana tersebut dimanfaatkan IMF untuk menyelamatkan Pound sterling.[1] G-10 berkembang pada tahun 1964 seiring bergabungnya anggota kesebelas, Swiss. Namun demikian, nama G10 tidak berubah.

Group of Ten menandatangani Perjanjian Smithsonian pada Desember 1971. Perjanjian ini mengganti nilai tukar tetap dengan nilai tukar mengambang.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

GAB memungkinkan IMG meminjam mata uang dalam jumlah tertentu dari 11 negara industri atau bank sentralnya dengan syarat tertentu. Usulan penggunaan dana GAB baru boleh diajukan apabila usulan penggunaan New Arrangements to Borrow (NAB) tidak diterima oleh anggota NAB (38 negara, termasuk BRICS dan negara-negara Timur Tengah).

Jumlah pinjaman yang diberikan GAB kepada IMF mencapai SDR 17 miliar (sekitar US$26 miliar). SDR 1,5 miliar tambahan disediakan oleh Arab Saudi sesuai kesepakatan terpisah. GAB dibentuk tahun 1962 dan diperluas pada tahun 1983 dari SDR 6 miliar menjadi SDR 17 miliar. Sejauh ini dana GAB telah digunakan sebanyak lima kali; terakhir kali tahun 1998. GAB dan perjanjian pinjaman Arab Saudi telah diperbarui tanpa perubahan dengan masa berlaku lima tahun sejak 26 Desember 2013.[2]

BIS memiliki halaman pustaka elektronik G10.[3]

Pengamat[sunting | sunting sumber]

Organisasi internasional berikut merupakan pengamat resmi G10: Bank for International Settlements (BIS), Komisi Eropa, Dana Moneter Internasional, dan Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan. Luksemburg adalah rekan anggota.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Chand, S. N. (2006-01-01). Dictionary of Economics (dalam bahasa Inggris). Atlantic Publishers & Dist. ISBN 9788126905355. 
  2. ^ imf.org: Factsheet - IMF Standing Borrowing Arrangements, 30 Apr 2014
  3. ^ "G10 - BIS". BIS. Diakses tanggal 2016-02-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]