Melanesian Spearhead Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Melanesian Spearhead Group
Peta anggota Melanesian Spearhead Group.
Peta anggota Melanesian Spearhead Group.
MarkasBendera Vanuatu Port Vila, Vanuatu[1]
Keanggotaan
Pemimpin
• Direktur Jenderal
Bendera Kepulauan Solomon Peter Forau
Pendirian
• Melanesian Spearhead Group
1986[2]
Luas
 - Total
585,560 km2 (226,086 sq mi)
Population
 - Perkiraan 2010
8.348.000
35/km2 (90,6/sq mi)
PDB (KKB)2010
 - Total
US$ 20,512 miliara
US$ 2.457
Mata uang
Zona waktu
  1. Bila dianggap entitas tunggal.

Melanesian Spearhead Group (MSG) adalah organisasi internasional yang terdiri dari empat negara di Melanesia, yaitu Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu, serta Front Pembebasan Nasional Kanak dan Sosialis dari Kaledonia Baru.[3] Pada bulan Juni 2015, Indonesia diterima sebagai anggota rekan.[4][5]

Grup ini didirikan sebagai perkumpulan politik pada tahun 1986.[2] Tanggal 23 Maret 2007, para anggotanya menandatangani Agreement Establishing the Melanesian Spearhead Group dan meresmikannya di bawah hukum internasional. Grup ini bermarkas di Port Vila, Vanuatu. Gedung sekretariatnya dibangun oleh Republik Rakyat Tiongkok dan diserahkan kepada MSG bulan November 2007.[6] Direktur Jenderal MSG pertama adalah Rima Ravusiro dari Papua Nugini.[7] Sejak September 2011, Direktur Jenderal MSG dijabat oleh Peter Forau dari Kepulauan Solomon.[8]

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Melanesian Spearhead Group dibentuk dengan fokus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi antara negara-negara Melanesia. Tujuan dari kelompok ini adalah:[2]

  1. Untuk mempromosikan dan memperkuat perdagangan antar keanggotaan, pertukaran budaya Melanesia, tradisi, nilai-nilai kesetaraan dan kedaulatan;
  2. Untuk mendorong kerja sama ekonomi dan teknik antara anggota; dan
  3. Untuk menyelaraskan kebijakan negara anggota dan tujuan bersama anggota untuk pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, tata pemerintahan yang baik dan keamanan.

Salah satu fitur kunci dari MSG adalah Perjanjian Perdagangan MSG, perjanjian perdagangan preferensial sub-regional yang didirikan untuk mendorong dan mempercepat pembangunan ekonomi melalui hubungan perdagangan dan menyediakan kerangka kerja politik untuk konsultasi reguler dan ulasan tentang status Perjanjian, dengan maksud untuk menjamin perdagangan yang baik dalam hal ekspor dan impor yang dilakukan dalam semangat asli Solidaritas Melanesia dan dilakukan dengan negara yang telah disepakati. Negosiasi diadakan secara berkala antara pemimpin anggota 'untuk mempertimbangkan kemajuan dan perkembangan perjanjian. Setelah revisi pada tahun 2005, mencakup 180 artikel bebas pajak fiskal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Formasi[sunting | sunting sumber]

Melanesian Spearhead Group (MSG) dikandung pada tahun 1986 antara tiga Negara Pulau Melanesia Pasifik yaitu Papua Nugini, Vanuatu dan Kepulauan Solomon.[2] Perjanjian Perdagangan MSG ditandatangani pada tahun 1993 oleh Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Vanuatu. Pada pertemuan ke enam dari Melanesian Spearhead Group (MSG) mengenai Perdagangan dan Rapat Pejabat Ekonomi tanggal 16 April 1997 di Honiara, delegasi Fiji menunjukkan kesediaannya untuk menyetujui itu. Inisiatif ini telah disepakati pada 1997 dalam MSG Leaders Summit. Fiji menjadi anggota resmi dari Perjanjian Perdagangan MSG pada 14 April 1998. Pertemuan Perdagangan & Ekonomi Pejabat MSG ke sembilan diadakan di Papua New Guinea pada tanggal 29 dan 30 November 2000. Pertemuan ini melihat penerimaan perluasan tarif Jadwal Produk MSG judul dari empat digit ke enam digit, sehingga memfasilitasi perdagangan MSG dengan menghilangkan ambiguitas dalam identifikasi produk pada titik-titik Bea masuk. Perjanjian ini GATT (GATT) yang konsisten dan telah disetujui dan diberikan pengakuan oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Komite Pengaturan Regional agar kompatibel dan memenuhi persyaratan Pasal 24 dari Perjanjian GATT/WTO.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Pertemuan[sunting | sunting sumber]

Negara Kepala pemerintahan Status
 Fiji Perdana Menteri Josaia Voreqe (Frank) Bainimarama negara berdaulat
 Indonesia
(5 dari 34 provinsi)[9]
Presiden Joko Widodo rekan[4][10]
 Kaledonia Baru Kepala Perwakilan FLNKS Victor Tutugoro
(Flag of FLNKS.svg Front Pembebasan Nasional Kanak dan Sosialis - FLNKS)
partai
 Papua Nugini Perdana Menteri Peter O'Neill negara berdaulat
 Kepulauan Solomon Perdana Menteri Manasseh Sogavare negara berdaulat
 Vanuatu Perdana Menteri Sato Kilman[11] negara berdaulat
Pertemuan resmi PLG
No Tanggal Lokasi Penyelenggara Kepala negara
penyelenggara
ke-18 Maret 2011 Suva  Fiji Voreqe Bainimarama
ke-19 13–21 Juni 2013 Nouméa Flag of FLNKS.svg FLNKS Victor Tutugoro
ke-20 18–26 Juni 2015 Honiara  Kepulauan Solomon Manasseh Sogavare
ke-21

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Melanesian Spearhead Group Secretariat". Melanesian Spearhead Group Secretariat. Diakses tanggal 19 July 2015. 
  2. ^ a b c "Melanesian Spearhead Group (MSG) Trade Agreement". Ministry of Industry, Trade and Tourism of Fiji. Diakses tanggal 19 July 2015. 
  3. ^ "About Melanesian Spearhead Group". Melanesian Spearhead Group Secretariat. Diakses tanggal 19 July 2015. 
  4. ^ a b Liam Fox (25 June 2015). "Indonesia admitted to Melanesian Spearhead Group, West Papuan group given observer status". ABC. Diakses tanggal 19 July 2015. 
  5. ^ Neal Conan (29 June 2015). "Melanesian Spearhead Group chooses Indonesia over West Papuan Independence Movement". Hawai'i Public Radio. 
  6. ^ MSG Secretariat building handed over to govt, Vanuatu DailyPost, 6 November 2007.
  7. ^ "Rima Ravusiro heads the MSG". Radio Australia. 6 June 2008. 
  8. ^ New MSG boss arrives in Vanuatu, Solomon Star, 22 September 2011.
  9. ^ "Indonesia Acquires Associate Member Status In Melanesian Spearhead Group (MSG)". Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia. 26 June 2015. Diakses tanggal 19 July 2015. 
  10. ^ Daniel Namosuaia (June 27, 2015). "ULMWP is MSG Observer". The Island Sun. The ULMWP is an observer member and Melindo is an association member 
  11. ^ "New PM Joe Natuman says Vanuautu should live within its means, after ousting Moana Carcasses in no-confidence vote". ABC. June 27, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]