Given Up

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Given Up"
Singel oleh Linkin Park
dari album Minutes to Midnight
Sisi-B "Valentine's Day" dan "In Between" (Versi konser)
Dirilis Bendera Malaysia Januari 2008
Bendera Britania Raya 17 Februari 2008
Newworldmap.svg 3 Maret 2008
Format CD, digital
Direkam 2006-2007, di The Mansion, Los Angeles
Genre Metal alternatif
Panjang 3:09
Label Warner Bros. Records
Machine Shop Rec.[1]
Pencipta Linkin Park
Produser Rick Rubin
Mike Shinoda[2]
Kronologi singel Linkin Park
"Shadow of the Day"
(2007)
"Given Up"
(2008)
"Leave Out All the Rest"
(2008)
Daftar lagu Minutes to Midnight
"Wake"
(1)
"Given Up"
(2)
"Leave Out All the Rest"
(3)

"Given Up" (bahasa Indonesia: "menyerah") adalah singel ke-4 dan lagu ke-2 dari album Linkin Park, Minutes to Midnight. "Given Up" pertama kali dirilis di Malaysia pada bulan Januari 2008. Lalu di Britania Raya tanggal 17 Februari 2008, berformat digital.[3] Terakhir, singel ini dirilis secara internasional pada tanggal 3 Maret 2008.[1]

Singel "Given Up" juga dilengkapi sampulnya. Sampul tersebut menggambarkan vokalis Linkin Park, Chester Bennington, sedang berteriak. Latar belakangnya adalah 2 logo Linkin Park, tulisan "Given Up" berwarna merah, dan di sebelah kiri sampul sebuah arena untuk pertunjukan konser (mungkin MEN Arena).

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

CD[sunting | sunting sumber]

  1. "Given Up"

Digital[sunting | sunting sumber]

  1. "Given Up"
  2. "Valentine's Day" (Live di Frankfurt, Jerman)
  3. "In Between" (Live di London, Inggris)[4]

Informasi[sunting | sunting sumber]

Judul demo lagu ini adalah 21 Stitches. "Given Up", "What I've Done", dan "No More Sorrow", ditampilkan pertama kali dalam konser pada tanggal 28 April 2007, di Berlin, Jerman. Kemudian, ketiga lagu ditampilkan dalam Sessions@AOL, dan dirilis di situs AOL pada tanggal 5 Mei 2007.[5] Penampilan lagu "Given Up" dan "What I've Done" terdapat dalam CD singel "Bleed It Out".

Pada bulan Juni 2007, Billboard menulis bahwa "Given Up" dan "Shadow of the Day" akan dirilis sebagai 2 singel berikutnya setelah "What I've Done". Namun, yang terjadi, lagu "Bleed It Out" menjadi singel kedua. Pada tanggal 24 Januari 2008, ditulis bahwa "Given Up" akan menjadi singel keempat setelah "Shadow of the Day". "Given Up" dirilis lebih dahulu di Malaysia pada bulan Januari 2008, lalu di Britania Raya pada tanggal 7 Februari 2008. Pada tanggal 3 Maret 2008, "Given Up" dirilis secara internasional. "Leave Out All the Rest" dijadwalkan sebagai singel ke-5, dan dirilis bulan Juni 2008.

Lagu[sunting | sunting sumber]

"Given Up" adalah salah satu lagu "terkeras" yang ada di album Minutes to Midnight. Dalam lagu ini, Chester Bennington berteriak selama 17 detik non-stop. Dalam pemampilan konser, biasanya Chester membagi teriakannya menjadi 2 kali, masing-masing 8 detik, untuk menjaga agar pernafasannya tetap normal, meskipun dalam beberapa konser ia berteriak penuh.

Dalam lagu ini, terdapat permainan gitar Brad Delson yang tak biasa–suara jingling–yang diikuti tepuk tangan Mike Shinoda selama intro, bait (verse) dan reff (chorus). "Given Up" juga merupakan salah satu dari 3 lagu yang terdapat kata fuck selain lagu "Bleed It Out" dan "Hands Held High". Kata tersebut terdengar 4 kali di lagu ini. Dalam lagu "Given Up", vokalis Chester Bennington berteriak juga, selain dalam lagu "No More Sorrow" dan "Bleed It Out".

Video musik[sunting | sunting sumber]

Video musik "Given Up" disutradarai oleh Mark Fiore. Videonya direkam dalam penampilan konser Linkin Park di MEN Arena, Manchester, Inggris, dan di Nottingham di Inggris juga. Video selesai difilmkan pada tanggal 6 Februari 2008, dan kemudian ditampilkan pertama kali pada tanggal 3 Maret 2008 di situs resmi Linkin Park.[6] Videonya di-upload di YouTube 1 hari kemudian.

Posisi puncak[sunting | sunting sumber]

Sebelum dirilis sebagai singel, "Given Up" telah meraih posisi 99 dan 78 di Billboard Hot 100 dan Pop 100. "Given Up" juga memasuki peringkat 34 pertama kali di Mainstream Rock Tracks dan sekarang meraih peringkat 14, lalu Modern Rock Tracks pertama kali di peringkat 32, dan sekarang peringkat 17. "Given Up" juga meraih peringkat 4 di UK Rock Chart dan peringkat 10 di ZM 20.

Tangga lagu Posisi puncak
UK Rock Chart 4
Billboard Modern Rock Tracks[7] 8
ZM 20 10
Billboard Mainstream Rock Tracks[7] 12
Thailand 15
Polandia 37
Ceko 42
Billboard Pop 100[7] 78
Billboard Hot 100[7] 99

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]