Wretches and Kings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Wretches and Kings"
Singel promosi oleh Linkin Park
dari album A Thousand Suns
Dirilis9 Oktober 2010
Direkam2009–2010
Genre
Durasi4:15
Label
PenciptaLinkin Park
Produser

"Wretches and Kings" adalah sebuah lagu oleh grup musik rok Amerika Linkin Park. Ini adalah lagu kesepuluh dari album 2010, A Thousand Suns. Lagu ini ditulis oleh band dan diproduseri oleh vokalis utama Mike Shinoda dan Rick Rubin.[2] "Wretches and Kings" digunakan sebagai singel promosi dan ditampilkan sebagai bagian dari Konten yang Dapat Diunduh "Linkin Park Track Pack" untuk video game Guitar Hero: Warriors of Rock. Lagu tersebut juga digunakan sebagai latar untuk opening sequence EA di EA Sports MMA.

Isi[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan tema album, tema lagu tersebut adalah tentang pemberontakan terhadap pemerintah dan mereka yang berkuasa. Lagu ini dimulai dengan contoh pidato pidato "letakkan tubuh Anda di atas roda gigi" yang diberikan oleh Mario Savio, seorang tokoh kunci dalam Gerakan Pidato Bebas Berkeley, di Sproul Hall, University of California, Berkeley pada 2 Desember 1964. Liriknya menanggung beberapa jejak komentar tentang penyalahgunaan kekuasaan. Vokal serak Shinoda dimaksudkan untuk menyuarakan kemarahan yang dirasakan oleh yang tertindas. Di bagian chorus, kalimat Chester "we the animal take control" membangkitkan pemberontakan individu-individu biasa melawan mereka yang berkuasa. Baris pertama, "bongkar baja, pukulan terakhir", adalah firasat asumsi dari konflik yang akan datang, di mana semua taruhan dibatalkan dan tidak lagi memperhatikan konsekuensi yang diberikan.

Promosi[sunting | sunting sumber]

"Wretches and Kings" menampilkan pidato Mario Savio "Bodies on the gears" atau "Operation of the Machine". Single promosi pertama kali dapat diperoleh di situs resmi band dan disiarkan di Noisecreep. Tempo lagu diatur ke 90 BPM. Lagu ini juga dirilis untuk album seperti A Thousand Suns+ sebagai versi live dan It's The Bootleg, Muthafuckas! Volume 3: Fire Walk With Me[3] sebagai remix.

Personil[sunting | sunting sumber]

Remix[sunting | sunting sumber]

Sejumlah remix telah dilakukan oleh berbagai artis seperti HavocNdeeD serta grup rap Los Angeles Get Busy Committee, yang terakhir dalam produksi bersama oleh Scoop DeVille, dengan remix GBC mereka muncul di album ketiga Apathy It's the Bootleg, Muthafuckas! angsuran kompilasi It's the Bootleg, Muthafuckas! Vol. 3: Fire Walk With Me, yang dirilis pada 11 September 2012 dengan judul sederhana "Wretches [Remix]".

Judul Remix Artis Album
Wretches and Kings Remix (Get Busy Committee remix) Get Busy Committee, Apathy "It's the Bootleg, Muthafuckas! Vol. 3: Fire Walk With Me"
Wretches and Kings (HavocNdeeD Remix) HavocNdeeD "Singel Non Album"
Wretches and Kings (zwieR.Z. Remix) zwieR.Z "Singel Non Album"
Wretches and Kings (Xefuzion Remix) "Xefuzion" "Singel Non Album"

Riwayat rilis[sunting | sunting sumber]

Wilayah Tanggal Format Label
Di seluruh dunia 8 September 2010 Unduh digital

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Album Review: A Thousand Suns". Rolling Stone. Diakses tanggal 8 October 2019. 
  2. ^ Wood, Mikael (July 9, 2010). "Linkin Park On New Album 'A Thousand Suns,' Tour". Rolling Stone. Wenner Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-28. Diakses tanggal September 21, 2013. 
  3. ^ "Bootleg Volume 3: Fire Walk With Me". UndergroundHipHop.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-01. Diakses tanggal 2013-09-21.