Shadow of the Day

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Shadow of the Day"
Singel oleh Linkin Park
dari album Minutes to Midnight
Dirilis8 Oktober 2007 (Inggris)[1] 16 Oktober 2007 (AS)[2]
Direkam2007
GenreAlternative rock Ballad rock
Durasi4:49
LabelWarner Bros. Records
PenciptaMike Shinoda
Chester Bennington
Linkin Park
ProduserRick Rubin
Mike Shinoda

"Shadow of the Day" (bahasa Indonesia: Bayangan di Balik Hari) adalah lagu ke-5 dari album Linkin Park, Minutes to Midnight. Lagu ini dirilis sebagai singel pada tanggal 16 Oktober 2007 di Amerika Serikat. Pada tanggal 8 Oktober 2007, "Shadow of the Day" telah dirilis di Inggris.

Lagu ini berisikan tentang sulitnya untuk meninggalkan rumah. Namun, lagu ini banyak dikritik fans Linkin Park karena mirip dengan lagu U2 berjudul "With or Without You".

Di akhir lagu ini, terdapat intro lagu "What I've Done" yang juga dirilis sebagai singel. Sebab, lagu "What I've Done" mengalami pemotongan durasi oleh radio-radio. Sehingga, bagian-bagian yang dipotong dimasukkan ke dalam lagu "Shadow of the Day".

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Semua lagu konser direkam di Holmdel, New Jersey, pada tanggal 29 Agustus 2007.

CD 1[sunting | sunting sumber]

  1. "Shadow of the Day"
  2. "Bleed It Out" (Live Projekt Revolution Tour) – 6:07

CD 2[sunting | sunting sumber]

  1. "Shadow of the Day"
  2. "No More Sorrow" (Third Encore Session) – 3:45
  3. "Bleed It Out" (Live Projekt Revolution Tour)

Format 7"[sunting | sunting sumber]

  1. "Shadow of the Day"
  2. "No More Sorrow" (Third Encore Session)

Video musik[sunting | sunting sumber]

Chester Bennington dalam video musik "Shadow of the Day", dengan latar belakang mobil yang terbakar.

Video musik "Shadow of the Day" disutradarai oleh Joe Hahn.[3] Videonya dirilis di internet tanggal 15 Oktober 2007. Video ini menampilkan Chester Bennington sedang bangun. Jamnya menunjukkan pukul 11:55, waktu tetap Jam Hari Kiamat, merujuk kepada judul album Minutes to Midnight, dan lagu ini yang merupakan lagu ke-5 dalam daftar album. Video ini berlangsung lebih dari 4 menit, berarti jamnya akan menunjukkan pukul 11:59, atau semenit menuju tengah malam. Chester kemudian membaca berita, berpakaian, dan pergi keluar. Di luar, sedang terjadi kerusuhan. Banyak sekali perusuh dan polisi, keduanya bersenjata. Di akhir video, sebuah mobil terkena api dan terbakar. Chester lalu berdiri di depan mobil yang terbakar, dengan ekspresi putus asa. Kemudian, ia membalikkan badan, lalu video berubah menjadi hitam.

Dalam video ini, hanya Chester satu-satunya anggota band yang tampak. Video ini tidak hanya mengandung lagu "Shadow of the Day", tetapi juga efek suara di tempat videonya diambil. Saat seseorang membakar mobil, efek suara ledakannya tidak sinkron dengan lagunya. Namun, masalah ini telah memperbaiki tampilan video musik "Shadow of the Day" di YouTube.

Video ini mirip dengan 2 video musik Linkin Park lainnya, yaitu "From the Inside", video yang mengandung kerusuhan juga. Ada juga lukisan paus yang merujuk kepada video musik "In the End", dimana paus muncul dalam akhir video "In the End" dalam keadaan sedang terbang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ChC Media". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-08-02. Diakses tanggal 2007-10-11. 
  2. ^ FMQB.com Diarsipkan 2017-01-30 di Wayback Machine. diakses 24 September 2007
  3. ^ "Laporan Videostatic.com untuk "Shadow of the Day"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-05. Diakses tanggal 2007-12-05.