Gempa bumi Sulawesi Tengah 2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gempa Bumi Sulawesi Tengah 2012
Gempa bumi Sulawesi Tengah 2012 berlokasi di Sulawesi
Gempa bumi Sulawesi Tengah 2012
Waktu UTC??
ISC
USGS-ANSS
Tanggal *09:42:00, 18 Agustus 2012 (UTC) (2012-8-18T09:42:00Z)
Tanggal setempat
Waktu setempat
Kekuatan6,2
Kedalaman10 km
Wilayah bencana Indonesia
Intensitas maks.VI-VII MMI
LandslidesYa
Korban6 tewas
Usang Lihat dokumentasi.

Gempa Bumi Sulawesi Tengah 2012 adalah gempa bumi darat kekuatan 6,2 Skala Richter yang terjadi di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia pada pukul 17:42 WITA tanggal 18 Agustus 2012. Pusat gempa berada di Bulili atau sekitar 56 Km dari Kota Palu dengan kedalaman 10 Km. Gempa pada hari terakhir bulan Ramadan ini menewaskan 6 orang[1]. Guncangan gempa juga dirasakan cukup kuat di sejumlah wilayah seperti Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Poso dan sekitarnya.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Intensitas gempa mencapai VI-VII MMI dengan waktu getaran selama 15 detik. Gempa ini mengakibatkan 6 orang tewas dan 17 lainnya luka-luka karena tertimpa reruntuhan bangunan. Selain itu juga menyebabkan 1.097 unit rumah lebih rusak ringan hingga berat belum termasuk tujuh rumah ibadah, tiga sekolah, dan sebuah kantor desa[2]. Kerusakan parah terjadi di tiga kecamatan Gumbasa, Kecamatan Kulawi, Kecamatan Nokilalaki dan Kecamatan Lindu. Gempa bumi juga menyebabkan tanah longsor di sejumlah titik berada di perbatasan Kecamatan Gumbasa dan Kulawi hingga menutup sebagian badan jalan akibatnya wilayah tersebut terisolasi.

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Wilayah pusat gempa merupakan bagian dari sesar Palukoro. Sesar Palukoro dikatahui bergerak rata-rata 3 cm per tahun sehingga sangat berbahaya[3]. Sesar ini diprediksi memiliki panjang sekitar 500 Km dan setengahnya berada di daratan membelah Pulau Sulawesi mulai dari Teluk Palu hingga Teluk Bone.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]