Gallimimus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gallimimus
Periode Kapur Akhir, 70 jtyl

Rekontruksi dari kerangka holotipe, Museum Sejarah Alam London
Taksonomi
Tata nama
Sinonim takson

Gallimimus (/ˌɡælɪˈmməs/ GAL-im-EYE-məs) adalah genus dari dinosaurus theropoda maniraptoriformes yang hidup pada wilayah yang sekarang merupakan Mongolia pada periode Kapur Akhir, sekitar 70 juta tahun lalu. Beberapa fosil yang merepresentasikan berbagai tahapan hidup ditemukan oleh tim ekspedisi Polandia-Mongolia ke Gurun Gobi pada 1960-an; sebuah kerangka besar yang temukan pada wilayah ini dijadikan spesimen holotipe dari genus dan spesies baru Gallimimus bullatus pada 1972. Naman genusnya berarti "mirip ayam", yang merujuk kepada kemiripan vertebra leher antara genus ini dengan Galliformes, sementara nama spesiesnya merujuk kepada bulla, sebuah kapsul emas yang dipakai oleh pemuda Romawi, yang merujuk kepada struktur bulat yang ada dibawah tengkorak Gallimimus. Pada saat genus ini dinamai, fosil Gallimimus merupakan fosil yang paling baik terawetkan dan paling lengkap dari sebuah ornithomimidae yang pernah

ditemukan, dan genusnya masih menjadi anggota yang paling umum dikenal dari kelompok ini.

Gallimimus merupakan ornithomimidae yang paling besar; individu dewasa memiliki panjang 6 meter, tinggi 1.9 meter, dan berat sekitar 400 - 490 kilogram. Sebagaimana yang dibuktikan dengan kerabatnya, Ornithomimus, kemungkinan genus ini juga memiliki bulu. Kepalanya kecil dan ringan, dengan mata besar yang mengarah ke samping. Moncongnya besar bila dibandingkan dengan ornithomimidae lainnya, namun lebih lebar dan bukat diujungya ketimbang spesies lain. Gallimimus tidak memiliki gigi, dan mempunyai paruh yang terbuat dari keratin, dan rahang bawah yang halus. Banyak dari vertebranya memiliki bukaan, yang menunjukkan bahwa tulang belakangnya berongga (pneumatik). Lehernya lebih panjang secara proporsional dengan belalainya. Lengannya secara proporsional merupakan yang paling kecil diantara semua ornithomimidae, dan memiliki tiga jari dengan cakar yang melengkung. Tangan ini lemah, sementara kakinya secara proporsional panjang. Famili Ornithomimidae merupakan anggota dari kelompok Ornithomimosauria. Anserimimus, juga dari Mongolia, dianggap sebagai kerabat terdekat dair hewan ini.

Restorasi seniman.

Sebagai seekor ornithomimid, Gallimimus kemungkinan besar merupakan hewan kursorial (beradaptasi untuk lari), menggunakan kecepatannya untuk menghidari predator (estimasi kecepatan sekitar 42 - 56 km/jam). Hewan ini juga memiliki kepandaian yang diperkirakan dapat dibandingkan dengan burung ratite. Gallimimus kemungkinan hidup berkelompok, bedasarkan penemuan dari beberapa spesimen yang diawetkan pada suatu lapisan tulang (bone bed). Beragam teori sudah disarankan mengenai diet dari hewan ini. Lehernya yang dapat bergerak dengan luwes mungkin membantu mereka untuk mencari mangsa hewan kecil di tanah, namun mereka mungkin juga merupakan sebuah omnivor oportunistik. Juga pernah disarankan bahwa struktur berbentuk kolom di paruhnya digunakan untuk menyaring makanan di air, namun kemungkinan merupakan sebuah struktur yang digunakan untuk membantu menghancurkan material tumbuhan keras.