Tarbosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tarbosaurus sunting
Yamanashigakuin elementary school Tarbosaurus white background.JPG
sunting
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
OrdoAvetheropoda
FamiliTyrannosauridae
UpafamiliTyrannosaurinae
GenusTarbosaurus sunting
Maleev, 1955

Tarbosaurus adalah sebuah genus dinosaurus teropoda yang tergolong ke dalam famili Tyrannosauridae. Mereka hidup di Asia sekitar 70 juta tahun yang lalu pada akhir zaman Kapur. Fosil-fosil dinosaurus ini telah ditemukan di Mongolia, dan beberapa fosil yang tidak lengkap juga telah ditemukan di Tiongkok.

Walaupun ada banyak nama spesies yang telah dicetuskan, paleontolog modern hanya mengakui satu spesies di dalam genus ini, yaitu T. bataar. Beberapa ahli menduga bahwa spesies ini adalah Tiranosaurus di Asia. Jika mereka bukan hewan yang sama, maka mereka paling tidak adalah hewan yang berkerabat dekat. Pada saat yang sama, ada pula ahli yang menduga bahwa Alioramus (yang juga berasal dari Mongolia) adalah kerabat terdekat Tarbosaurus.

Seperti kebanyakan dinosaurus Tyrannosauridae lainnya yang telah ditemukan, Tarbosaurus adalah predator besar yang bergerak secara bipedal, dengan massa yang mencapai lima ton dan gigi-gigi besar yang berjumlah sekitar enam puluh. Hewan ini juga memiliki tungkai depan yang kecil.

Tarbosaurus hidup di dataran banjir yang lembap yang dilintasi oleh sungai-sungai. Di habitat ini, hewan tersebut adalah predator puncak yang mungkin memburu dinosaurus-dinosaurus besar seperti hadrosaurus Saurolophus atau sauropoda Nemegtosaurus.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]