Suchomimus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Suchomimus
Periode Kapur Awal (Barremian - Albian), 125–112 jtyl

Kerangka rekonstruksi di Chicago Children's Museum
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoSaurischia
FamiliSpinosauridae
GenusSuchomimus
Sereno, 1998
Tata nama
Sinonim takson
  • Baryonyx tenerensis (Sereno et al., 1998) Sues et al., 2002 [awalnya Suchomimus]

Suchomimus (berarti "peniru buaya") adalah sebuah genus dinosaurus spinosauridae yang hidup sekitar 125 dan 112 juta tahun lalu pada wilayah yang sekarang merupakan Niger, Afrika Barat, pada subkala Aptian sampai Albian pada periode Kapur Awal. Genusnya dinamai dan dideskripsikan oleh paleontolog Paul Sereno dan koleganya pada 1998, bedasarkan sebuah kerangka partial dari Formasi Elrhaz. nama genusnya merujuk kepada tengkorak Suchomimus yang dangkal dan panjang, sementara nama spesifiknya, Suchomimus tenerensis merujuk kepada lokalita sisa-sisa terawalnya yang pernah ditemukan, yaitu di Gurun Ténéré.[1]

Rekontruksi seniman

Genus ini merupakan theropoda yang relatif besar, dengan panjang 9.5 - 11 meter dan berat 25 - 38 ton metrik. Namun, usia dari spesimen holotipenya masih belum pasti, sehingga apakah estimasi ukuran ini menjadi ambang atasnya masih belum pasti. Tengkorak Suchomimus yang ramping ditempatkan pada leher yang pendek. Lengan depannya kuat, dan berujung pada cakar yang besar di ibu jari. Dibagian tengah punggung hewan ini terdapat layar dorsal, yang terbuat dari tulang belakang neural di vertebranya. Seperti spinosaurid lainnya, hewan ini kemungkinan memakan ikan-ikanan, belut, pari, dan hewan mangsa kecil lainnya.

Beberapa paleontolog menganggap genus ini sebagai sebuah spesies Afrika dari spinosaurid Eropa Baryonyx, B. tenerensis. Suchomimus mungkin juga merupakan sebuah sinonim junior dari spinosaurid yang hidup sezaman dengan hewan ini, Cristatusaurus lapparenti, meski takson yang belakangan didasari oleh sisa-sisa yang lebih tercecer. Hewan ini hidup di lingkungan fluvial dengan dataran banjir yang luas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sereno, P.C.; Beck, A.L.; Dutheil, D.B.; Gado, B.; Larsson, H.C.E.; Lyon, G.H.; Marcot, J.D.; Rauhut, O.W.M.; Sadleir, R.W.; Sidor, C.A.; Varricchio, D.D.; Wilson, G.P; Wilson, J.A. (1998). "A long-snouted predatory dinosaur from Africa and the evolution of spinosaurids". Science. 282 (5392): 1298–1302. Bibcode:1998Sci...282.1298S. doi:10.1126/science.282.5392.1298. PMID 9812890.