Acrocanthosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
kerangka acrocanthosaurus dipajang di museum carolina utara

Acrocanthosaurus yang berarti "kadal bertulang tinggi" adalah jenis dinosaurus theropoda yang hidup pada awal masa zaman kapur di amerika utara. fosil nya ditemukan di texas dan oklahoma, di maryland juga ditemukan fosil gigi yang diduga milik acrocantosaurus[1][2]. acrocanthosaurus merupakan pemangsa terbesar paling awal di amerika utara jauh sebelum tyrannosaurus rex muncul.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

ukuran acrocanthosaurus dengan manusia

acrocanthosaurus merupakan pemangsa terbesar panjang nya mencapai 11,5 meter, kerabat dari acrocanthosaurus juga theropoda tersebesar seperti giganotosaurus di amerika selatan, dan carcharodontosaurus di afrika[3]. acrocanthosaurus mungkin berburu tenontosaurus sebagai menu utama nya. terkadang ia juga berburu dinosaurus yang lebih besar seperti sauroposeidon, dan paluxysauru, dimasa nya ia adalah pemangsa teratas. di wilayah acrocanthosaurus terdapat pemangsa lain yaitu deinonychus meskipun ukuran nya tidak sebesar acrocanthosaurus ia juga di kenal dinosaurus yang pintar[4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Acrocanthosaurus dinosaur". www.dinosaurfact.net. Diakses tanggal 2017-11-17. 
  2. ^ admin (2016-01-13). "Acrocanthosaurus - Facts and Pictures". Dinosaurs - Pictures and Facts (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-17. 
  3. ^ Switek, Brian. "Finding the Family of Acrocanthosaurus". Smithsonian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-17. 
  4. ^ Pepper, www.prehistoric-wildlife.com, Darren. "Deinonychus". www.prehistoric-wildlife.com. Diakses tanggal 2017-11-17. 

https://www.thoughtco.com/things-to-know-acrocanthosaurus-1093769