Cryolophosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Opisthokonta
Cryolophosaurus
Rentang fosil:
Jura Awal, 194–188 Jtl
Kerangka holotype yang direkonstruksi
Kerangka yang direkonstruksi, pameran Ultimate Dinosaur, Vancouver
Klasifikasi ilmiah e
Kerajaan: Animalia
Phylum: Chordata
clade: Dinosauria
clade: Theropoda
clade: Neotheropoda
clade: Averostra
clade: Tetanurae
Genus: Cryolophosaurus
Hammer & Hickerson, 1994
Tipe spesies
Cryolophosaurus ellioti
Hammer & Hickerson, 1994

Cryolophosaurus (/ˌkrˌlfˈsɔːrəs/ or /krˌɒlfˈsɔːrəs/; "CRY-oh-loaf-oh-SAWR-us") adalah sebuah genus dari Theropoda besar yang diketahui hanya dari satu spesies tunggal, Cryolophosaurus ellioti, diketahui dari periode Jura Awal di Antartika. Panjangnya sekitar 65 meter (213,3 ft) dan beratnya sekitar 465 kilogram (1.025 lb), menjadikannya salah satu theropoda terbesar pada masanya. Individu dari spesies ini bahkan mungkin telah tumbuh lebih besar, karena satu-satunya spesimen yang diketahui mungkin merupakan theropoda yang belum dewasa sepenuhnya. Cryolophosaurus diketahui dari satu tengkorak, satu tulang paha, dan material lainnya, tengkorak dan tulang paha tersebut yang telah menyebabkan klasifikasinya menjadi sangat bervariasi. Tulang pahanya memiliki banyak karakteristik primitif yang mengklasifikasikan Cryolophosaurus sebagai dilophosaurid atau neotheropoda di luar Dilophosauridae dan Averostra, sedangkan karena tengkoraknya memiliki banyak ciri lanjutan, menyebabkan genusnya dikategorikan tetanuran, abelisaurid, ceratosaur, dan bahkan allosaurid. Sejak deskripsi awalnya, konsensusnya adalah bahwa Cryolophosaurus termasuk di antara anggota primitif dari Tetanurae atau kerabat dekat dari kelompok itu.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Illustrasi
Impresi artis

FMNH PR1821 holotype adalah satu-satunya spesimen yang menggambarkan secara lengkap Cryolophosaurus. Spesimen tersebut terdiri dari satu tengkorak tidak lengkap dan rahang bawah yang kekurangan sebagian besar dari setengah bagian depannya; sembilan gigi rahang atas; fragmentaris sentrum servikal keenam; vertebrae servikal 7-10; beberapa tulang rusuk servikal posterior; beberapa tulang belakang dorsal anterior; sebagian besar tulang belakang dorsal tengah dan posterior; beberapa tulang rusuk dorsal; tulang belakang sakrum kelima; tiga chevron; banyak tulang belakang kaudal dan centra parsial dan lengkap; dua humeri parsial; satu tulang pengumpil proksimal; satu ulna proksimal; satu ilium parsial; satu pubis proksimal; kedua ischia, namun hanya satu distal; dua femora tidak lengkap; ujung distal dari sebuah tibia; ujung distal dari sebuah fibula, dan astragalus (tulang utama dari sendi pergelangan kaki) dan calcaneum (tulang besar yang membentuk tumit).[1] Pada 2013, material baru Cryolophosaurus digali di Antartika. Deskripsi dari material ini belum dipublikasikan dalam format nonabstrak.[2]

Tengkorak[sunting | sunting sumber]

Cetakan tengkorak di ROM
Tengkorak dan leher hasil rekonstruksi, Royal Ontario Museum

"Holotype" Cryolophosaurus terdiri dari sebuah tengkorak yang tinggi dan sempit, yang ditemukan bersama dengan sisa kerangkanya.[3] [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, N.D.; Makovicky, P.J.; Hammer, W.R.; Currie, P.J. (2007). "Osteology of Cryolophosaurus ellioti (Dinosauria: Theropoda) from the Early Jurassic of Antarctica and implications for early theropod evolution" (PDF). Zoological Journal of the Linnean Society 151 (2): 377–421. doi:10.1111/j.1096-3642.2007.00325.x. 
  2. ^ Smith, N.D.; Hammer, W.R.; Makovicky, P.J. (2013). "New Dinosaurs from the Early Jurassic Hanson Formation of Antarctica, and Patterns of Diversity and Biogeography in Early Jurassic Sauropodomorphs". Geological Society of America Abstracts with Programs: 405–406. 
  3. ^ Hammer, W.R.; Hickerson, W.J. (1999). Tomida, Y.; Rich, T.H.; Vickers-Rich, Y., ed. "Gondwana Dinosaurs from the Jurassic of Antarctica". Proceedings of the Second Gondwana Dinosaur Symposium National Science Museum Monographs. 15: 211–217. 
  4. ^ Glut, D.F. (1999). Dinosaurs, the Encyclopedia, Supplement 1. McFarland & Company, Inc. p. 442. ISBN 978-0-7864-0591-6. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]