Dinas Jasmani Militer Angkatan Darat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dinas Jasmani Angkatan Darat
Berkas:Gambar Disjasmani.png
Lambang Dinas Jasmani TNI AD
Dibentuk1 Juni 1950
NegaraIndonesia
CabangTNI Angkatan Darat
Bagian dariTentara Nasional Indonesia
MotoVira Prakasa Yudha
Situs webwww.disjas-tniad.mil.id
Tokoh
Kepala Dinas Jasmani Angkatan DaratBrigadir Jenderal TNI Aminudin

Dinas Jasmani Angkatan Darat atau Disjasad adalah adalah Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad. Sebelumnya Dinas Jasmani Angkatan Darat berada di bawah Pussenif Kodiklat TNI AD.[1]

Mako Dinas Jasmani Angkatan Darat berada di Jl. H.M.S Mintaredja, SH, Baros, Kota Cimahi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah penyerahan kedaulatan, Mayor DR. Singgih mendapat mandat untuk menampung penyerahan personel, organisasi serta tugas dan fungsi dari M.L.O (Militaire Lishimilki Opvoeding) untuk diserahkan kepada Letkol Inf. Soenjoyo Purbokusumo agar membentuk organisasi yang disebut Jawatan Penjata (Pendidikan Djasmani Tentara) yang tergabung dalam Direktorat Pendidikan Angkatan Darat sesuai dengan Surat KSAD Nomor 702/KB/A/VI/DP/1950 tanggal 1 Juni 1950. Jawatan tersebut dilikuidasi pada 21 Mei 1985. Selanjutnya tugas pembinaan jasmani dilimpahkan ke Pussenif dengan membentuk Sdirbinjas.

Berdasarkan Surat Keputusan KSAD Nomor Skep/37/X/2006 tanggal 30 November 2006, pada 18 Maret 2007, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Djoko Santoso resmikan Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad) dan melantik Brigjen TNI Azmyn Yusri Nasution sebagai Kepala Dinas Jasmani Angkatan Darat pertama.

Kepala[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kasad Resmikan Dinas Jasmani Angkatan Darat"
  2. ^ Maulana, Riezky (26 Februari 2022). "Panglima TNI Mutasi 100 Perwira Tinggi, Ini Daftar Lengkapnya". iNews.id. Diakses tanggal 27 Februari 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]