Daftar tokoh Perjanjian Baru yang bernama Maria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tiga pembawa mur di makam karya Mikołaj Haberschrack, abad ke-15

Nama Maria (Yunani: Μαριαμ atau Μαρια, translit. Maria) muncul 61 kali dalam Perjanjian Baru, dalam 53 ayat berbeda.[1] Maria adalah nama perempuan yang paling populer di kalangan Yahudi Palestina pada masa itu, yaitu sekitar satu dari lima wanita Yahudi.[2] Sebagian besar rujukan Perjanjian Baru kepada Maria hanya menyediakan informasi identifikasi yang singkat., sehingga para cendekiawan dan tradisi memiliki perbedaan soal wanita yang dianggap sebagai orang yang berbeda dan orang yang sama.

Maria (ibu Yesus)[sunting | sunting sumber]

Bunda Maria dalam Dukacita, karya Sassoferrato, abad ke-17

Maria, ibu Yesus, adalah salah satu karakter utama dalam Injil-injil. Istilah Mariologi dan, dalam konteks Kekristenan, Marian (contohnya dalam devosi Maria dan penampakan Maria), keduanya paling umum merujuk kepada tokoh tersebut.

Maria Magdalena[sunting | sunting sumber]

Magdalena karya Gheorghe Tattarescu

Maria Magdalena disebut tiga kali dalam Matius, empat kali dalam Markus, dua kali dalam Lukas, dan tiga kali dalam Yohanes,[3] dan diberi gelar Rasul dari Segala Rasul oleh Santo Agustinus.[4]

Maria dari Betania[sunting | sunting sumber]

Yesus di rumah Martha dan Maria karya Harold Copping, menggambarkan adegan dari Lukas 10

Maria, saudari Marta dan Lazarus, tinggal dengan mereka di Betania, dekat Yerusalem. Yesus mengunjungi mereka disana setidaknya sebanyak dua kali. Maria dan Martha disebutkan dengan nama tersebut dalam Yohanes 11:1–12:8 dan Lukas 10:38–41.

Maria (istri Klopas)[sunting | sunting sumber]

Maria, istri Klopas, hanya disebutkan sekali dalam Perjanjian Baru, yakni dalam Yohanes 19:25, dimana ia disebut sebagai salah satu dari empat wanita yang berdiri di bawah Salib, yang lainnya adalah Maria ibu Yesus, saudarinya (atau mungkin sepupu, kata Aram-nya sama), dan Maria Magdalena. Sebuah bacaan alternatif menyatakan bahwa daftar tersebut hanya terdiri dari tiga wanita, dan bahwa Maria istri Klopas juga merupakan saudari (atau sepupu) dari Maria ibu Yesus, seperti yang diyakini dalam beberapa tradisi. Pasal tersebut juga dapat ditafsirkan untuk mengartikan bahwa Maria istri Klopas adalah putri Klopas, ketimbang istrinya, namun ini bukanlah pandangan umum.

Maria (ibu Yakobus)[sunting | sunting sumber]

Terdapat lima pasal yang umumnya menyebut Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, dan dua lainnya menyebutnya Maria lainnya yang merupakan ibu dari Yakobus yang berbeda.

Maria ibu Yakobus Muda[sunting | sunting sumber]

Selain rujukan kepada Maria ibu Yakobus dalam Markus 15:40 dan Markus 16:1, Markus 15:47 menyatakan bahwa Maria Magdalena dan Maria ibu Yoses menyaksikan dimana Yesus dibaringkan. Kebanyakan otoritas mengidentifikasikan orang yang disebut Maria menemani Maria Magdalena dalam tiga pasal tersebut sebagai orang yang sama, dan juga menganggap bahwa ia adalah Maria lainnya yang disebutkan dua kali dalam Matius, menjadikannya setidaknya lima rujukan kepadanya.

Maria lainnya[sunting | sunting sumber]

Dua pasal dalam Matius menyebut Maria Magdalena dan Maria lainnya:

Maria (ibu Markus)[sunting | sunting sumber]

Maria, ibu Yohanes yang bernama lain Markus hanya disebutkan sekali, dalam Kisah Para Rasul 12:12, yang merupakan rujukan tanpa persengketaan pertama dari Yohanes Markus, yang kemudian disebutkan dua kali dalam Kisah Para Rasul.[5] Yohanes Markus diidentifikasikan oleh beberapa orang dengan Markus sepupu Barnabas, yang juga diidentifikasikan oleh beberapa orang dengan Markus Penginjil,[6] terutama oleh Gereja Koptik.

Maria Salome[sunting | sunting sumber]

Maria, yang juga bernama Salome, adalah istri Zebedeus dan ibu dari Yakobus dan Yohanes. Nama Salome muncul dua kali dalam Perjanjian Baru,[7] keduanya dalam Markus, dan dua kali dalam daftar tiga wanita, lainnya adalah Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus (muda).

Maria dari Roma[sunting | sunting sumber]

Dalam Roma 16:6, Paulus menanyai para jemaat kepada Maria Agung, yang bekerja keras bagimu. Tak ada hal lain yang diketahui tentang tokoh tersebut.[8]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bible Gateway search results for Mary
  2. ^ Bauckham, Richard (2006). Jesus and the Eyewitnesses: The Gospels as Eyewitness Testimony. hlm. 89. ISBN 0802831621. 
  3. ^ Bible Gateway search results for Mary Magdalene
  4. ^ Doyle, Ken. "Apostle to the apostles: The story of Mary Magdalene". Catholictimes, 11 September 2011 "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-16. Diakses tanggal 2016-11-29.  Accessed 23 March 2013
  5. ^ Kisah Para Rasul 12:25, 15:37
  6. ^ Lane, William L. (1974). The Gospel According to Mark. Grand Rapids: Eerdmans. hlm. 21. 
  7. ^ Bible Gateway search results for Salome
  8. ^ Who was Who in the Bible, ISBN 0-7852-4240-6, p. 255